PAC Fatayat NU Kandangan Peduli Anak Yatim

NEWS

Penulis: Mutabingun | Editor: Dwi NR
TEMANGGUNG | inspirasiline.com

Berkat sisa saldo anggaran kegiatan ziarah, beberapa tahun lalu dan donasi dari masing-masing ranting, terkumpul dana yang akhirnya berhasil mewujudkan keinginan Pengurus Anak Cabang (PAC) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung untuk menyantuni anak-anak yatim.
SEGENAP pengurus PAC Fatayat NU Kecamatan Kandangan sebelum penasarufan santunan anak yatim. || KLIK gambar untuk menonton VIDEO-nya!

PAC Fatayat NU Kecamatan Kandangan berhasil menggelar santunan anak yatim kali kedua di depan Masjid Al-Furqon, Dusun Padangan, Desa Kembangsari, Minggu (27/12/2020).

Digagas segenap pengurus yang dipimpin Laili Rif’ah Maftuhah, acara santunan anak yatim bertajuk “Fatayat Peduli” berjalan dengan lancar serta mendapatkan apresiasi tinggi dari berbagai kalangan masyarakat dan pemerintah desa setempat.

KETUA PAC Fatayat NU Kandangan Laili Rif’ah Maftuhah. || KLIK gambar untuk menonton VIDEO-nya!

Prosesi santunan anak yatim kali ini dilaksanakan secara simbolis, karena masih dalam masa pandemi Covid-19, diwaklili oleh Ranting Kembangsari. Kemudian untuk ranting yang lainnya akan diserahkan kepada masing-masing ketua ranting dan diteruskan prosesi santunan di rantingnya.

Dua Zona
Untuk mempermudah penasarufan, Laili Rif’ah Maftuhah membagi wilayah menjadi dua zona, yakni Zona Selatan yang melputi 1-6 desa wilayah Kandangan bagian selatan dan Zona Utara yang meliputi 1-8 desa di wilayah Kandangan bagian utara.

Total uang Rp 9.150.000 diserahkan kepada 15 ranting dari 16 desa yang ada di Kecamatan Kandangan. Uang santunan itu dibagi rata, masing-masing ranting mendapatkan jatah lima anak santunan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan gerakan perempuan dari Badan Otonom (Banom) Fatayat NU yang peduli terhadap sosial kemasyarakatan,” kata Laili Rif’ah Maftuhah, ketua PAC Fatayat Kandangan masa khidmat 2017-2021.

“Ada tiga hal penting yang harus dipedomani untuk menjadi perempuan yang peduli terhadap sosial kemasyarakatan, yakni hablumminallah (hubungan dengan Allah), hablumminannas (hubungan dengan sesama manusia), dan hablumminnalalam (hubungan dengan alam),” jelas Laili.

PENGURUS dan Fatayat NU Ranting Kembangsari transit di rumah salah satu warga Dusun Padangan, Desa Kembangsari, Kecamatan Kandangan. || KLIK gambar untuk menonton VIDEO-nya!

Ketua Ranting NU Desa Kembangsari Kiai Sururi sangat mengapresiasi dan berterimakasih atas terselenggaranya kegiatan santunan anak yatim ini.

“Saya berharap, dengan adanya kegiatan ini akan menjadi perintis terciptanya baldatun thayyibatun warabbun ghafur, yang berarti negeri yang baik dengan rabb Yang Maha Pengampun atau negeri yang makmur dan damai,” ungkapnya.

Senada, Kepala Desa Kembangsari Mujiyanto juga menyampaikan terimakasih kepada PAC Fatayat NU Kecamatan Kandangan dan segenap panitia.

Pihaknya akan terus memberikan dukungan penuh di setiap kegiatan atau acara-acara yang diselenggarakan oleh Banom NU, baik itu Fatayat, Muslimat, Ansor, maupun Banser.

Kepala desa dua periode ini berharap, kegiatan santunan anak yatim gelaran PAC Fatayat NU Kecamatan Kandangan akan menjadi teladan bagi masyarakat.

“Khususnya bagi masyarakat Desa Kembangsari, sehingga akan semakin mempererat tali persaudaraan sesama muslim sekaligus membangun kerukunan antarwarga di desa,” tutur Mujiyanto.***

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *