Ayo, Kenali Lebih Dini Gejala Terpapar Virus Corona

NEWS

Penulis: Supriyani
SUKOHARJO | inspirasiline.com

GEJALA terpapar virus Corona sangat mirip dengan gejala penyakit flu. Untuk itu, kenali lebih awal, mulai hari pertama masuknya virus ke dalam tubuh agar tidak semakin parah dan bisa dicegah.

Untuk Corona, gejala demam baru muncul di hari ke 5-6, di mana virus sudah berhasil berkembang, merusak, dan menyebar di dalam tubuh.

Dikutip dari Instagram Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo, berikut perbedaan gejalanya: Batuk kering + bersin = Polusi Udara; Batuk + lendir + bersin + pilek = Pilek Biasa; Batuk + lendir + bersin + pilek + sakit tubuh + lemah + demam ringan = Flu; Batuk kering + bersin + nyeri tubuh + lemah + demam tinggi + sesak napas + hilangnya indra penciuman dan pengecap = Virus Corona.

Nah, untuk mengetahui kemungkinan tubuh sudah terpapar virus Corona, berikut tahapannya:

Hari 1-3, hanya seperti masuk angin ringan, makan minum masih normal, dan tenggorokan hanya sedikit sakit. Hari ke 4, sakit kepala ringan, suhu tubuh sekitar 36,5 derajat, sakit tenggorokan ringan, suara mulai serak, selera makan mulai terganggu, indra perasa/pengecap “hilang”, indra penciuman juga “hilang”, serta mengalami diare ringan.

Hari ke 5, sakit tenggorokan, suara serak, badan mulai terasa meriang, suhu tubuh sekitar 36,5-36,7 derajat, badan terasa lelah, capek dan sakit, jari-jari dan persendian terasa sakit. Hari ke 6, mulai demam ringan sekitar 37 derajat, batuk kering atau sedikit berlendir, sesekali susah bernapas, sakit tenggorokan ketika bicara, sakit waktu makan dan menelan, mual, dan mungkin muntah serta diare.

Hari ke 7, demam agak tinggi 37,4-37,8 derajat, batuk lebih banyak dan berdahak, napas pendek-pendek dan tetap, kepala sakit dan terasa berat, nyeri di seluruh tubuh, diare bertambah.

baca juga:  Bupati Arief Berharap 758 Koperasi di Blora Aktif Semua

Hari ke 8, demam tinggi 38 derajat atau lebih, sulit bernapas dan dada terasa berat, sakit kepala, punggung dan sendi-sendi, batuk terus-menerus, sulit berbicara seperti bisu.

Masuk hari ke 9, semua gejala tidak berubah, batuk bertambah parah, demam tak menentu dan tidak teratur, napas bertambah sulit, pencegahan sudah tidak mungkin, harus segera ditolong secara intensif.

“Gejala tiap orang bisa berbeda-beda, karena tergantung daya tahan tubuh. Penting untuk melaksanakan 3M dan tingkatkan daya tahan tubuh dengan makanan bergizi, istirahat cukup, kelola stres, olah raga, dan minum vitamin,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sukoharjo Yunia Wahdiyati, Selasa (12/1/2021).***

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *