Himtani Berupaya Atasi Kesulitan Petani Bumi Sukowati

NEWS

Penulis: Sugimin
SRAGEN | inspirasiline.com

KESULITAN kalangan petani di Bumi Sukowati, selama ini masih berkutat pada kelangkaan pupuk dan anjloknya harga gabah saat panen seperti sekarang ini.

Jika harus menjual hasil panen ke Unifood PT Sakti, membutuhkan waktu (proses) lama. Sementara kebutuhan membayar utang saat mengerjakan sawah untuk ditanami dan kebutuhan keluarga tidak bisa ditunda. Mau tidak mau, petani menjual ke tengkulak, walau harganya jauh di bawah harga pasaran atau harga eceran tertinggi (HET).

Terkait hal itu, Himpunan Masyarakat Tani dan Nelayan (Himtani) Kabupaten Sragen akan berusaha mengatasi kesulitan petani selama ini dan menjembatani kebutuhannya supaya bisa lebih nyaman sesuai harapan mereka.

Gagasan itu mencuat dalam Rapat Kerja Himtani di Sekretariat Himtani Kabupaten Sragen, Kamis (4/3/2021).

Ketua Himtani Kabupaten Sragen Suhadi mengatakan, pihaknya sudah menggandeng sejumlah pengusaha hasil bumi untuk membantu kesulitan petani.

“Ke depan kami akan terjunkan tim sampai tingkat desa. Tim tersebut akan membantu yang menjadi kesulitan petani, termasuk membeli gabah hasil panen. Jadi nantinya ada pengepul di setiap kecamatan. Kalau memungkinkan ada pengepul di setiap desa,” ungkap Suhadi, meyakinkan.

Dalam rapat yang dihadiri sejumlah pengurus Himtani itu, juga membicarakan pembangunan tempat pengeringan padi, permodalan, dan solusi mengatasi kelangkaan pupuk yang menjadi problem rutin petani setiap tahun.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sragen Suparno sebagai Pembina Himtani menekankan, Himtani perlu membuat terobosan baru, supaya kebutuhan pupuk petani terpenuhi serta hasil panen tidak jatuh ke tengkulak.

“Saya menyarankan sekaligus menekankan, Himtani harus mampu menyelesaikan kesulitan petani, terutama pupuk, yang selama ini belum ada yang bisa mengatasi,” ujarnya.

Seusai Raker, Pengurus Himtani mengikuti kunjungan anggota DPR RI, Lilik Hamidah ke Kecamatan Gondang dan Bulog di Masaran.***

Bagikan ke:
baca juga:  BPJS Ketenagakerjaan Serahkan Santunan Kematian Keluarga Panwascam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *