Setahun Pasar Bahulak, Pengelola Siap Kirab Gunungan

NEWS

Penulis: Sugimin
SRAGEN | inspirasiline.com

SEBAGAI wujud rasa syukur, pengelola Pasar Bahulak, Desa Karungan, Kecamatan Plupuh, Kabupaten Sragen akan menggelar kirab gunungan, Tarian Bahulak, dan pukul kentong doro muluk, Minggu (17/10/2021) besok.

PROMO rangkaian acara “Bahulak Ulang Tahun”.

Kepala Desa (Kades) Karungan Joko Sunarso menjelaskan, rangkaian kegiatan tersebut merupakan bentuk rasa syukur warga kepada Allah (Tuhan Yang Maha Esa) untuk memperingati setahun Pasar Bahulak.

“Termasuk rasa syukur pedagang kepada Allah (Tuhan Yang Maha Esa). Setiap pedagang akan mengeluarkan sedekah dari dagangannya dibuat gunungan, dikirabkan dan didoakan. Nanti ada ritual pembukaan, biasanya kan nggak ada, ritual khusus sebelum pasar dibuka pukul 07.00, sekalian promosi,” ungkap Kades Joko Sunarso saat dihubungi inspirasiline.com, Sabtu (16/10/2021) pagi.

Menurut Joko Sunarso, para pedagang menyiapkan Tarian Bahulak serta flashmop. Setiap pedagang juga memukul kentongan doro muluk. Kentongan doro muluk biasanya mengingatkan warga untuk bangun dan waspada.

Pemerintah Desa (Pemdes) Karungan mencatat ada 74 pedagang, 70 di antaranya merupakan pedagang produk kuliner.

Ada perputaran uang Rp 31-33 juta di Pasar Bahulak setiap buka. Perputaran uang tersebut, antara lain dari omzet 74 pedagang, pengelola toilet, dan pengelola parkir.

Pasar Bahulak buka setiap Minggu Pahing dan Minggu Pon. Untuk penyelenggaraan  Pasar Bahulak, Pemdes Karungan memanfaatkan lahan seluas lebih kurang 4 hektare.

Disinggung pejabat mana saja yang akan hadir dalam perayaan setahun Pasar Bahulak, Joko Sunarso mengatakan, Bupati Sragen diharapkan hadir.

“Tetapi saya tidak tahu pasti,” ujar Joko Sunarso singkat.***

Bagikan ke:
baca juga:  Baznas Sragen salurkan bantuan RTLH, Pembangunan Masjid dan beasiswa pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *