DPRD Sragen menyetujui Pemkab hutang Rp160 Miliar

NEWS

Sragen-Inspirasiline.com. Walaupun pada awalnya sejumlah Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD) Sragen menolak Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen mengajukan pinjaman kepada pihak ketiga senilai Rp200 miliar, setelah dibahas dalam Rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRD Selasa (2/11/2021) kemarin akhirnya disetujui namun nilainya hanya Rp160 miliar.

Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa ( FPKB) yang juga Anggota Banggar DPRD  Sragen, Fathurrahman, saat dihubungi Inspirasiline.com Rabu (3/11/2021) pagi  mengatakan, Rapat Banggar  membahas soal rencana hutang Pemkab mulai digelar pukul 14.00 WIB dan selesai pukul 16.00 WIB.

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati tidak  hadir, diwakilkan Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Sragen, Tatag Prabawanto.

“Pada intinya, DPRD menyetujui rencana pinjaman tersebut tetapi nilainya bukan Rp200 miliar melainkan Rp160 miliar. Banggar menyetujui dengan analisis kemampuan keuangan daerah,” ujar Fathurrohman

” waktu teman-teman menolak rencana usulan Pemkab tersebut, karena belum memahami, setelah mendapat penjelasan dan memahami maksudnya menyetujui ‘

Ungkap Fathurrahman menambahkan

Data yang diperoleh Inspirasiline.com,  usulan pinjaman Rp200 miliar tersebut  akan digunakan untuk  membangun  sejumlah proyek,  Yakni pembangunan pasar, pembangunan infrastruktur, pembangunan perkantoran terpadu, dan pembangunan makam di Sukodono.

Fathurrohman menerangkan pendapatan asli daerah (PAD) mulai 2022 sampai 2026 sudah dipetakan dan dihitung. Utang Rp160 miliar itu akan dibayar diambilkan dari PAD. Fathurrahman  menjelaskan perhitungan Banggar memang sampai 2026 karena asuminya masa kerja Bupati Sragen sampai 2026.Namun, dengan kemampuan keuangan yang ada, utang Rp160 miliar itu ditargetkan lunas pada 2024. Mengingat pada 2024 sudah ada pemilihan kepala daerah (Pilkada),” katanya.

Sampai berita ini diturunkan Inspirasiline.com, belum bisa mendapat tanggapan TAPD  Tatag Prabawanto.

baca juga:  Kodim 0725/Sragen Dipenuhi Karangan Bunga

Saat dihubungi melalui phoneselnya tidak diangkat

Sementara Wakil Ketua DPRD Sragen Muslim saat dikonfirmasi  meminta  Inspirasiline.com menghubungi Ketua FPKB Fatchurrahman. ( Sugimin/17)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *