DPUPR Grobogan Berikan Keleluasaan Investor Dalam Menggunakan Tata Ruang Wilayah

NEWS

Grobogan, Inspirasiline.com

Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Kabupaten Grobogan membuka seluas luasnya bagi investor yang akan mengembangkan usahanya di Kabupaten Grobogan, tetapi jangan lupa harus melihat tata ruang berdasarkan RTRW (rencana tata ruang wilayah) sesuai Perda RTRW yang ada.

Demikian disampaikan Kepala DPUPR Grobogan Ir. Een Endarto MM kepada wartawan yang tergabung dalam Insan Pers Jawa Tengah (IPJT) Cabang Grobogan  di aula dinas tersebut, Kamis pagi (30/12/21).

Dengan didampingi oleh Sekretaris Dinas Wahyu Tri Darmanto ST, MT dan Kabid Tata Ruang Agus Sutiyono ST ,   Kabid Jalan Jembatan Erry Subagyo ST dan Kabid Irigasi dan Air Baku Yudi Aribawa ST MT , Een menjelaskan soal tata ruang saat ini menjadi trending topik dan hal yang menarik karena semua usaha apapun baik lembaga ataupun pribadi terkait dengan lahan yang dipergunakan selalu berhadapan dengan soal tata ruang wilayah. Een menandaskan, jangan sampai membeli lahan yang nantinya malah akan menimbulkan masalah. Dia mengatakan bagi pembeli lahan yang  masuk zona hijau bisa dipastikan tidak diberikan ijin. Untuk itu dia mengingatkan agar sebelum membeli lahan dimanapun sebaiknya bisa minta DPUPR untuk melihat status lahan tersebut berada dalam zona hijau atau tidak “Monggo, sebelum membeli atau memanfaatkan lahan silahkan kalau mau ngecek status lahan masuk zona kuning atau hijau, gratis tis..” beber Kadin PUPR Grobogan.

Kepala DPUPR Grobogan Ir.Een Endarto MM bersama Sekdin Wahyu Tri Darmanto ST MT.

Menurutnya tidak lama berselang sekitar Agustus 2021 yang lalu, ada perusahaan Kayu lapis yang sudah terlanjur melakuksn sosialisasi  penggunaan lahan untuk kegiatan produksi kayu lapis, padahal lahan yang akan dipergunakan adalah zona hijau yang masuk LP2 B ( lahan pertanian pangan berkelanjutan), alhasil ijin tata ruang yang diajukan tidak bisa diproses alias ditolak. Hal seperti inilah yang membuat dinas kami ikut pusing, imbuhnya.

baca juga:  Brebes Pertahankan Anugerah Parahita Ekapraya

Kabid Tata Ruang Agus Sutiyono juga menambahkan lahan sawah belum tentu masuk zona hijau, sebab  seperti  lahan sawah belakang perumahan Petra masuk zona kuning. Di lahan zona kuning inilah bisa dimanfaatkan untuk kegiatan industri, pemukiman, dan usaha lainnya.

Terkait pekerjaan umum lainnya yang menjadi tupoksi DPUPR, misal pengerjaan kegiatan jalan beton, Een yang berpengalaman 2 tahun di ULP dan 10 tahun di kegiatan pengadaan, menjelaskan dengan sistem uji kuat tekan melaui coredrill, dimana ketika dokumen kontrak menyebutkan jalan beton harus dengan ukuran K250, maka setiap jalan yang menggunakan beton harus memenuhi standard itu, dan  pihaknya memberikan toleransi turun hingga K225. Bagi yang memenuhi K250, atau maksimal K225 maka dana bisa dibayarkan, tetapi bila terdapat uji dibawah K225 maka pekerjaan tidak bisa diterima dan kepada pihak pelaksana tidak bisa dibayarkan. “Memang pekerjasn beton jalan harus dilakukan uji kuat tekan dengan coredrill , untuk menentukan layaj tidaknya pekerjaan diterima Pejabat Pembuat Komitmen” ungkapnya.

Menurut Kabid Jalan Ery Subagyo ST panjang jalan Kabupaten Grobogan sepanjang 917, 77 km dengan kondisi baik sampai akhir 2021 sepanjang 735,87 km (80,18%), sedangkan sisanya yakni sepanjang 181, 99 km ( 18,82%) masih dalam kondisi yang memerlukan perbaikan. ” Perbaikan akan kami lakukan bertahap mulai tahun depan hingga 2026″ kata Ery.

Terkait dengan wartawan yang tergabung dalam IPJT, Kepala DPUPR Grobogan meminta bila terjadi masalah dilapangan terkait pekerjaan umum dan tata ruang, agar bersurat ke dinas supaya pihak DPUPR diberi waktu bisa memahami dan menelaah permasalahan yang ditemukan tersebut.

Terpisah Sekjen IPJT M.Safik yang hadir dalam audiensi tersebut menilai sinergitas antara DPUPR Grobogan sudah terjalin baik dengan IPJT Grobogan  , untuk itu dia meminta IPJT Grobogan untuk tetap menjalin komunikasi yang baik dengan DPUPR Grobogan.  (jokowi)

baca juga:  Gasak 22 Ton Gula Rafina, Dibeluk Polisi
Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *