KKN Univet Bantara Tesebar Di 3 Propinsi, Mengedepankan RCU

NEWS

Sukoharjo-Inspirasiline.com. Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo menerjunkan 378 mahasiswa untuk Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) di 3 propinsi secara daring. Dan sebelumnya mahasiswa tejun KKN wajib mengikuti pembekalan selama 2 hari yaitu pada Rabu – Kamis  26 – 27/1/2022 secara daring maupun luring.

Saat pembekalan KKN secara daring

Ismail Ketua Pelaksana KKN Univet Bantara dalam laporannya menyampaikan bahwa dalam KKN daring tersebut mengusung tema “ Pendidikan Masyarakat di Saat Pandemi Covid-19 “. adapun Pelaksanaan KKN dimulai tanggal 1 Februari sampai 17 Maret 2022  lokasi KKN di lingkungan tempat tinggal mahasiswa masing-masing yang tersebar di tiga provinsi yaitu Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Timur. Yang menempati 10 kabupaten/ kota, 80 kecamatan dan 199 desa.

“Untuk kabupaten/ kota yang menjadi lokasi KKN tersebut yaitu Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Wonogiri, Karanganyar, Sragen, Grobogan, Semarang, Surakarta dan Gunungkidul,” ungkap Ismail.

Lebih lanjut  Ismail mengatakan untuk KKN pereode ini yang kami terjunkan adalah mahasiswa FKIP dengan sasaran Rumah Cerdas Univet (RCU) seperti memberikan pendampingan anak dalam belajar kami yakin itu sangat dibutuhkan bagi anak dan orang tua dimasa pandemi ini.

Hari pertama pemebekalan diisi dengan kuliah umum oleh kepala LLDIKTI  wilayah VI Jawa Tengah Bhimo Widyo Andoko yang menyampaikan tentang pejuang  pendidikan, pendidik pejuang membangun generasi tangguh, adaktif, dan inovatif, dengan keynote speaker Rektor Univet Bantara Sukoharjo Prof. Farida Nugrahani yang menyampaikan tentang penguatan literasi digital sebuah alternatif membangun karakter generasi muda.

Adapun materi pembekalan meliputi: trauma healing pada anak dan orang tua dimasa pandemi covid-19, solusi dan altenatif  membangun kembali mental dan psikis generasi emas dimasa pandemi covid-19, setrategi dan inovasi model pembelajaran fun and smart, program kerja KKN, penulisan berita publikasi KKN, vidio kreatif, manajemen pelaporan KKN online RCU sebagai solusi dan alternatif suplemen belajar dimasa pandemi juga melakukan pendampingan  belajar siswa dilingkungan desanya masing-masing, membuat kelas belajar, taman bacaan, belajar bersama alam atau belajar di perpustakaan desanya .

baca juga:  Warga Dorolegi Godong Kab. Grobogan Terima BLT-BBM dan Sembako

Sementara itu ketua Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LPPM) yang sekaligus juga sebagai wakil Rektor I Univet Bantara Sukoharjo  Dr. Sri Hartati saat ditemui diruang kerjanya mengatakan bahwa saat ini yang masih pandemi covid-19 kami tetap menerjunkan mahasiswa KKN secara daring dan karena KKN ini dari prodi FKIP maka kami masih mengedepankan RCU.

Hartati menambahkan ada 6 ruang lingkup KKN yaitu: perencanaan program, penyusunan program kerja, pelaksanaan, evaluasi, pelaporan, dan desimilasi. Kami sangat berharap mahasiswa KKN ini harus mengikuti pembekalan dengan sungguh-sungguh, totalitas, dan dengan iklas agar apa yang dilakukan bisa bermanfaat untuk oran lain, dirinya sendiri dan bernilai ibadah.

“ Peserta KKN wajib mengikuti pembekalan dengan sungguh-sungguh, totalitas dan iklas agar bisa memperolah hasil yang maksimal, bermanfaat untuk orang lain, diri sendiri, dan bernilai ibadah, “ tegas Hartatik.    (Prie)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *