SIM Anda Habis di Masa Liburan Idul Fitri, Jangan Kawatir , Bisa Diperpanjang Tanpa Mekanisme SIM Baru

NEWS

Grobogan-Inspirasiline.com. Kepolisian Republik Indonesia memberikan peluang keringanan  bagi pemegang SIM ( Surat Ijin Mengemudi) yang pada saat liburan Idul Fitri 2022 ini telah habis masa berlakunya.

Pemegang SIM yang sudah tak berlaku, tidak harus menempuh cara mekanisne SIM baru yakni harus melalui ujian teori  dan praktek , tetapi  cukup perpanjangan saja.

Hal itu disampaikan Kasatlantas Polres Grobogan AKP Sri Martini SH MH melalui Baur SIM Aipda Sugiyanto Lazaro kepada Inspirasiline.com melalui ponselnya, Sabtu sore (7/5/22).

Disebutkan, bagi mereka yang sudah habis masa berlaku SIM nya, kalau biasanya terlambat satu hari sudah harus menempuh seperti mencari SIM baru.”SIM yang sudah kadaluwarsa tidak perlu dengan mencari SIM baru, tetapi cukup melalui mekanisme perpanjangan” kata Lazaro

Kebijakan tersebut berdasarkan pada surat telegram Kapolri kepada para Kapolda no. ST/785/ IV/YAN.1.1/2022, yang isinya menyebutkan pelayanan SIM kepada masyarakat diliburkan dari 28 April hingga 8 Mei 2022. Kemudian Pemegang SIM yang masa berlakunya habis pada tanggal tersebut atau pada liburan Lebaran , bisa mengurus perpanjangan tanpa mekanisme seperti SIM baru dalam waktu tanggal 9 – 17 Mei 2022. Namun bagi pemegang SIM yang kadaluwarsa tidak memperpanjang atau melebihi batas waktu tanggal 17 Mei 2022 maka SIM dinyatakan tidak berlaku lagi dan tidak bisa diperpanjang, kepadanya diberlakukan seperti mengurus SIM Baru dengan mekanisme ujian teori dan praktek.

Untuk itu Baur SIM Polres Grobogan memberikan penjelasan terkait syarat yang harus dipenuhi oleh pemohon.

“Dalam hal ini pemohon cukup membawa fotokopi KTP dan SIM serta membawa bukti test kesehatan, test psikologi dan tarif SIM di BRI” ungkap Aipda Sugiyanto selaku Baur SIM Polres Grobogan.

Terkait beaya administrasi SIM, sesuai Peraturan Pemerintah Nomer 20 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak, dimana untuk SIM A dan SIM A Umum sebesar Rp.80 ribu, SIM B B1 Umum B2 sebesar Rp.80 ribu,  SIM C Rp. 75 ribu, SIM D sebesar Rp.30 ribu. (jokowi)

Bagikan ke:
baca juga:  Gubernur Jateng Pastikan Stok Padi Dan Beras Aman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *