Tatag Prabawanto Pamitan Saat Upacara Hari Sumpah Pemuda Di Lapangan Taruna Sragen

NEWS

Sragen-Inspirasiline.com. Sekretasis Daerah (Sekda) Kabupaten Sragen Drs. Tatag Prabawanto B, MM berpamitan saat Upacara Hari Sumpah Pemuda ke-94 di Lapangan Taruna Sragen, Jumat (28/10/2022).

Ada hal yang berbeda dalam Upacara tersebut, pasalnya Sekda Sragen berkesempatan menjadi Komandan Upacara bersama beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Sragen yang juga menjadi petugas upacara, Kepala Diskumindag Sragen Cosmas Edwi Yunanto sebagai pembaca Teks Kongres Pemuda Indonesia Tahun 1928, Sekretaris Dewan (Sekwan) Pujiatmoko pembaca Undang-Undang Dasar 1945, Kepala Dinas Arsip Samsuri  pembaca doa dan Kepala Dinas P2KBP3A Udayanti Proborini pembawa acara (Protokol)

Sekda Sragen Tatag Prabawanto didampingi istri, Damai Tatag Prabawanto, menyatakan permohonan undur diri (Pamitan-red) menjelang purna tugasnya selaku Abdi Sipil Negara (ASN). Tatag Prabawanto  meminta kepada seluruh peserta yang hadir merajut semangat satu Nusa, satu Bangsa, satu Bahasa Indonesia agar tertanam pada diri masing-masing dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Pancasila, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia  1945 serta Bhineka Tunggal Ika.

Tatag Prabawanto menceritakan pengalamannya saat mengawali karirnya mengabdi sebagai ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen, sampai dengan 31 Oktober 2022 akhirnya  telah mencapai angka sembilan tahun lima bulan sebelas hari.

Menurutnya Jabatan sebagai Sekda tidak terbayangkan sebelumnya. Saat itu 21 Mei 2013  kembali ke Bumi Sukowati dilantik menjadi Sekda Kabupaten Sragen.

“Saya pulang ke Sragen dengan perasaan bangga, untuk bahu membahu berjuang, derita, bahagia, senang, menangis dan merayakan kebersamaan dalam suka dan duka dengan seluruh jajaran ASN di Kabupaten Sragen, dengan seluruh pemangku kepentingan dan kebijaksanaan dan dengan seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Sragen yang kesemuanya itu menjadi bagian dalam hidup saya yang tidak dapat saya pisahkan.”Ungkapnya

baca juga:  Plh Bupati Sragen Serukan ASN Baca Surat Edaran Larangan Mudik

Tatag Prabawanto mengaku sangat bangga karena dapat melaksanakan tugas dengan baik, semangat guyub rukun, gotong royong dan tidak saling menyalahkan atau mencari kambing hitam, tetapi saling mengisi kekurangan ataupun saling melengkapi.

“Sragen membuat hidup saya berharga walaupun banyak tantangan hal itu menjadi sebuah kemenagan bagi hidup saya, bagaimana saya mampu menyongsong semuanya dengan tetap menjadi diri saya sendiri. “ Ungkapnya.

Tatag Prabawanto menambahkan Bumi Sukowati bagian dari jiwa raganya. Dari kecil, remaja, dewasa hingga akhir hayatnya akan selalui mencintai Bumi Pertiwi Sukowati.

“Perpisahan memanglah tidak mudah. Tetapi mau tidak mau harus tetap dilakukan. Apalagi sebagai ASN akan tiba 31 Oktober 2022 saya harus mengucapkan Selamat Berpisah selaku ASN dengan segala atribut melekat pada diri saya.”Ungkapnya menjelaskan

Tatag Prabawanto berharap dengan kepemimpinan sekarang Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati  dapat menyelesaikan program sampai berakhir masa tugasnya. Kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sragen dan seluruh pemangku kepentingan agar memberikan dukungan sepenuhnya Program Pemerintahan tahun 2021 – 2026.

Tatag Prabawanto berpesan kepada Calon penggantinya, Pekerjaan Rumah (PR) yang diembannya masih sangat banyak. Banyak hal belum dapat diselesaikan. Berikan yang terbaik untuk pemimpin, masyarakat Sragen, seluruh ASN selaku rekan kerja.

“Ingat tantangan kedepan sangatlah berat. Untuk itu Calon pengganti saya tidak malu mengatakan dengan seucap kata Aku Membutuhkanmu. Ketika duduk jangan lupa dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung. Ketika kamu mengkhianati orang lain pada hakekatnya aku mengkhianati dirimu sendiri.” Ungkapnya menegaskan

Tatag Prabawanto menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Bupati  Kusdinar Untung Yuni Sukowati karena telah memberikan kepercayaan mendampingi dari awal Pemerintahan sampe akan purna tugas.

“Terimakasih atas semua kebesaran jiwa, ketulusan hati dan rasa kasih sayangnya kepada saya. Saya bersyukur adanya rasa kepercayaan yang begitu dalam kepada saya. Saya mohon maaf apabila selama mendampingi banyak kekurangan.” Ungkap Tatag Prabawanto

baca juga:  Pangkalan SMAN1 Godong Gelar Penerimaan Tamu Ambalan

Tatag Prabawanto  menutup kata pamitan dengan sepenggal puisi yang dipersembahkan khusus untuk Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati

Laut tak bertepi

Kita bisa berlayar kesana kemari

Saya yakin hati saya tidak akan sepi

Selama di Sragen dan di hati saya ada Mbak Yuni (Bupati Sragen-red)

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati membalas kata pamitan dengan mengatakan rasa syukurnya telah didampingi Sekda Tatag Prabawanto yang menurutnya sangat luar biasa.

“Paseduluran, persahabatan itulah nanti yang akan tetap terjalain sampai dengan ajal sampai Allah SWT memanggil kita kembali. Saya ucapkan terimakasih atas pengabdiannya untuk Kabupaten Sragen. Tetap menjadi bagian tokoh masyarakat yang akan membangun membersamai kita semua untuk mengabdi sukowati. “ Pesannya.

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati membalas puisi dari Tatag Prabawanto dengan sebuah pantun.

Terimakasih Pak Sekda yang telah berjuang bersama

Membangun Sragen yang tercinta

Ke Boyolayar naik perahu, makan siang dengan pecel tahu

Selamat Ulang Tahun sahabatku

Semoga Panjang Umur dan sehat selalu ( Sugimini/17-Release Diskominfo Sragen)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *