Siap Terima Tamu Nasional, Sat Samapta Polres Blora Latihan Pengamanan VIP/ VVIP

NEWS

Blora-Inspirasiline.com. Satuan Samapta Kepolisian Resor (Polres) Blora menggelar pelatihan Pengamanan VIP guna antisipasi Kegiatan Tingkat Nasional yang mendatangkan Tamu VIP, di halaman belakang Mapolres Blora, Selasa (30/5/2023).

Kasat Samapta Polres Blora, Ajun Komisaris Polisi Kusnio menjelaskan bahwa pelatihan ini dilaksanakan secara rutin tiap Tahun untuk melatih Personel Polres dan Jajaran, bilamana ada Kegiatan yang membutuhkan SOP pengamanan Tamu atau Barang dengan tingkat VIP/VVIP.

“Selain melaksanakan pelatihan secara Teori di indoor, juga dilaksanakan latihan praktik secara outdoor, dengan begitu secara tidak langsung Personel bisa merasakan langsung bagaimana cara pengamanan VIP baik Tamu maupun Barang,” kata Kasat Samapta Polres Blora.

Lebih lanjut, AKP Kusnio mengatakan, selain melaksanakan pelatihan pengamanan VIP/VVIP, personel juga wajib memperhatikan keselamatan diri bersamaan dengan tugas tanggungjawab yang sedang dilaksanakan sesuai dengan SOP yang ada.

“Anggota Polres harus memperhatikan keselamatan diri dalam tugas tanggungjawab yang sedang dilaksanakan sesuai dengan SOP,” tandas Kasat Samapta Polres Blora.

Untuk diketahui, Deskripsi Pelatihan Pengamanan dan Pelayanan VIP/ VVIP. Keamanan dan Pengamanan adalah suatu Kegiatan yang bersifat Dinamis dan pada prinsipnya dilaksanakan untuk mencapai kenyamanan dan diperoleh produktivitas kerja yang maksimal, mengingat tanpa adanya Keamanan yang baik, pelaksanaan aktifitas yang kurang maksimal.

Termasuk didalamnya pengamanan terhadap tamu penting, seperti dari Kementrian, Pimpinan Daerah, bahkan RI-1 RI-2 atau orang berstatus VIP lainnya. Tugas ini merupakan tantangan serius bagi penyedia jasa pengawalan VIP.

Pengawal bersenjata api tidak sepenuhnya menjamin keselamatan nyawa orang yang dilindunginya. Hal ini dikarenakan perlindungan terbaik justru dilakukan dengan mewaspadai lingkungan sekitar lokasi untuk mendeteksi kemungkinan adanya aktivitas mencurigakan yang membahayakan tugas pengawalan.

baca juga:  Polres Sukoharjo Ringkus Delapan Tersangka Jaringan Narkoba

Tujuan Kegiatan Pelatihan Pengamanan dan Pelayanan VIP/ VVIP. Dengan mengikuti pelatihan ini diharapkan para peserta dapat, memberikan bekal Pelaksanaan Teknis, langkah dan aksi yang harus dilaksanakan oleh Petugas Keamanan di lingkungannya Pengguna Jasa dalam mengemban tugasnya sebagai unsur Satuan Pengamanan Khusus, khusunya dalam memberikan rasa aman kepada tamu penting nasional. (Tim Liputan Prokompim Blora – Yokanan)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *