Antusias Anak-anak Ikuti Lomba Terbangkan Pesawat

NEWS

Sukoharjo-Inspirasiline.com. Lomba menerbangkan pesawat dari kertas untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-78 di dukuh Kluwih desa Lengking kecamatan Bulu Sukoharjo cukup meriah yang ikuti oleh semua kalangan tidak terbatas usia dengan memperebutkan hadiah berupa sepeda, kegiatan tersebut berlangsung Rabu (16/8/2023).

Antonius Bimo Kokor Wijanarko selaku seniman dan budayawan warga Lengking sebagai penggagas kegiatan tersebut mengatakan bahwa lomba menerbangkan pesawat dari kertas ini dalam rangka untuk memeriahkan HU RI ke-78. Yang mana pesawatnya di tulisi NKRI dan pesertanya wajib memakai ikat kepala warna merah putih.  Bentuk pesawat bebas, diterbangkan diatas jagrak berukuran tinggi 3 m , peswat yang menang adalah pesawat yang terbangnya paling lama.

Rika coordinator Krida Taruna dukuh Kluwih

Lebih lanjut  Kokor menyampaikan bahwa dengan diadakan lomba semacam ini dengan tujuan untuk mengurangi anak-anak agar tidak bermain gudged diganti dengan bermain pesawatan, dan beberapa hari ini anak-anak kami ajak melupakan gudged beralih ke kegiatan ini, seperti kemarin juga digelar drama kolosal sehingga anak-anak disibukkan dengan latihan drama, trus hari berikutnya disibukkan dengan membuat pesawat kertas.

Dengan lomba menerbangkan pesawat kertas ini filosofinya agar anak-anak mengejar mimpinya, sekeras itu mereka akan mengejar impiannya, misalnya ingin jadi Presiden, jadi bupati,jadi Mentri dll mereka kami latih untuk mengejar mimpi setinggi tingginya siapa tahu kedepan menjadi kenyataan.

Kokor seniman dan budayawan

Sementara itu Rika koordinator Krida Taruna mengatakan ada seratusan peserta dalam lomba menerbangkan pesawat dari kertas ini, selain ada hadiahnya berupa sepeda juga baru kali pertama ini diadakan lomba sehingga anak-anak senang dan sangat antusias, bahkan juga tidak hanya anak-anak saja namun orang dewasa juga banyak yang ikut lomba.

Adapaun yang menjadi penilaian adalah bentuk pesawatnya dan berapa lama pesawat itu terbang. Juara nanti akan diambil 3 orang yang menerbangkan pesawatnya paling lama,  akan memperebutkan 3 buah sepeda dan beberapa doorprice lainnya. Dengan melihat antusiasnya anak-anak bahkan orang dewasa mengikuti lomba tersebut sehingga untuk tahun-tahun yang akan datang akan kami tindak lanjuti.

salah satu peseta menyaksikan pesawatnya

Sedangkan Yanto ketua RT dukuh Kluwih mengatakan dengan lomba menerbangkan pesawat dari kertas ini mengingatkan masa lalu sebagai mainan tradisional, kami bangga bahwa mainan tradisional masih dilestarikan oleh generasi sekarang. (Prie)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *