Sejumlah Anggota DPR RI Terkesan Dengan Semangat Masyarakat Blora Tampilkan Potensi Budayanya

NEWS

Blora-Inspirasiline.com. Ada yang istimewa di Karnaval Budaya Kabupaten Blora dalam rangka memperingati Kemerdekaan RI ke-78, Sabtu (26/8/2023). Beberapa anggota DPR RI yang tengah mempunyai agenda di Blora ikut menyaksikan di panggung kehormatan bersama Bupati Blora, H Arief Rohman.

Mereka, para anggota DPR RI mengaku terkesan dengan semangat masyarakat Blora menampilkan potensi budayanya. Yakni, Dr. Fadli Zon, S.S,.M.Sc, Ir. Ahmad Hafisz Tohir dan Putu Supadma Rudana, M.B.A.

Fadli Zon beserta rombongan nampak betah menyaksikan sejumlah kontingen karnaval yang menampilkan pementasan kesenian dan kebudayaan khas Blora. Seperti penampilan Barongan, kesenian tayub, dan sejumlah kesenian khas Blora lainnya.

“Kami sangat terkesan begitu datang di Blora langsung menyaksikan karnaval Kabupaten Blora ini dalam rangka peringatan proklamasi ke -78. Di tengah terik matahari, masyarakat di Blora masih sangat semangat, menampilkan beragam potensi budaya Blora ini,” ungkap Fadli.

Dia mengapresiasi dan hal tersebut menunjukan bahwa Blora kaya akan potensi kesenian dan budaya Blora. Terlebih masyarakat Blora sangat antusias terhadap kebudayaan yang dimilikinya.

Tidak ketinggalan, para Anggota DPR RI tampak antusias untuk berfoto bersama dengan para peserta karnaval, yang terdiri dari masyarakat umum, pelajar SMA, OPD Pemkab, hingga sejumlah instansi.

Anggota DPR RI, Putu mengemukakan hal senada. Dia juga mengapresiasi karnaval yang digelar di Kabupaten Blora. Menurutnya, kegiatan tersebut dapat mengingatkan kembali kepada masyarakat bahwa Blora memiliki kebudayaan yang Adiluhung.

“Saya yakin dan saya bangga, apresiasi kepada Kabupaten Blora karena melalui kegiatan tadi karnaval budaya, itu merajut kembali, memuliakan kembali, memperkenalkan kembali kepada masyarakat Indonesia maupun dunia dan mengingatkan kembali kepada anak-anak bahwa Blora punya kebudayaan yang adiluhung yang luar biasa,” terangnya.

baca juga:  Berdayakan ekonimi perempuan warga desa Ketro ikuti pelatihan pengolahan abon ikan tawar

Dikatakan, potensi kebudayaan yang dimiliki Blora dapat membawa nama Blora untuk dikenal lebih luas.

Potensi Budaya

Apresiasi juga diberikan kepada Bupati Blora, Arief Rohman. Menurut Putu, tampilan Barongan luar biasa, juga tari tayub. Ini perlu tadi Pak digaungkan untuk menjadi semangat anak-anak muda atau masyarakat. ‘’Saya yakin seni di Blora menjadi salah satu magnet untuk mengangkat kembali nama Blora.”

Terpisah, Bupati Blora Arief mengungkapkan bahwa pawai pembangunan di Blora bukan sekedar euforia kegembiraan semata. Namun diharapkan dapat memotivasi dan menjadi momentum bagi seluruh lapisan masyarakat Blora, untuk meningkatkan kebersamaan, kekompakan, kolaborasi agar Blora semakin maju.

“Pemkab Blora akan terus mendukung kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk menjaga dan melestarikan nilai-nilai kebudayaan, mengokohkan kebudayaan dan semangat nasionalisme,” terangnya.

Bupati menambahkan bahwa karnaval ini juga menjadi ajang untuk mempromosikan potensi kebudayaan yang dimiliki Blora.

“Kegiatan pawai ini untuk mewadahi sekaligus mengapresiasi kreativitas dan inovasi masyarakat Blora yang ditampilkan dalam pentas ini, diharapkan dapat menjadi sarana promosi untuk menunjukan potensi yg dimiliki Kabupaten Blora,” pungkas Bupati yang akrab dipanggil Mas Arief itu. (Tim Liputan Prokompim Blora – Yokanan)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *