199 Desa Di Rembang Alokasikan DD Bantu Atasi Bencana Kekeringan

NEWS

Rembang-Inspirasiline.com. Bencana kekeringan di wilayah Kabupaten Rembang makin meluas. Hingga saat ini tercatat 31 desa telah terdampak.

Sementara itu, selain dilakukan oleh Pemkab dengan anggaran APBD II, pemerintah desa (Pemdes) juga dikerahkan ikut menangani bencana tahunan tersebut.

Hingga Kamis (14/9) sedikitnya 199 desa di Rembang mengalokasikan Dana Desa (DD) untuk kebutuhan tersebut.

Saat ini, Rembang masuk dalam status siaga darurat kekeringan. Total sudah ada 31 desa yang terdampak.

Jumlah tersebut diperkirakan akan terus bertambah. Lantaran musim kemarau diprediksi sampai bulan November.

Pemkab sendiri sudah menganggarkan untuk kebutuhan dropping air bersih. Selain itu juga ada pihak swasta melalui dana CSR.

Pemkab Rembang juga memberikan himbauan agar Pemdes ikut mengalokasikan anggaran untuk mengatasi kekeringan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermades) Rembang Slamet Haryanto menyampaikan, di dalam Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) memang terdapat pos anggaran untuk penanganan bencana.

Hanya saja tidak ada ketentuan terkait besaran anggaran. Sampai dengan kemarin sudah ada 199 desa yang sudah menganggarkan untuk kebutuhan penanganan bencana.

“Kalau jumlah totalnya ya sekitar hampir 199 desa yang sudah menganggarkan penanggulangan bencana dari 287 desa,” katanya.

Terkait besaran, kata Slamet, memang tidak diatur secara pasti. Begitupun juga dengan persentase. Sehingga jumlahnya variatif antara desa satu dengan desa lainnya.

Sepengetahuan dia, rata-rata desa telah mengalokasikan Rp 10 juta sampai Rp 20 juta per tahun.

Alokasi tersebut tifak hanya untuk anggaran kekeringan, namun juga diperuntukkan bencana lainnya

“Di APBDes memang ada pos untuk penanggulangan bencana. Cuma besarannya variatif antara desa satu dengan desa lain. Persentase memang tidak diatur,” katanya. (yon)

Bagikan ke:
baca juga:  Mengisi Liburan Akhir Tahun, Mahasiswa UIN Walisongo Semarang Tanam Mangrov Di Rembang

7 thoughts on “199 Desa Di Rembang Alokasikan DD Bantu Atasi Bencana Kekeringan

  1. An interesting discussion is worth comment. I think that you should write more on this topic, it might not be a taboo subject but generally people are not enough to speak on such topics. To the next. Cheers

  2. I’m really impressed along with your writing skills and also with the format in your blog. Is that this a paid topic or did you customize it yourself? Anyway keep up the excellent high quality writing, it is uncommon to peer a great weblog like this one nowadays..

  3. Do you have a spam issue on this site; I also am a blogger, and I was curious about your situation; we have created some nice methods and we are looking to exchange strategies with others, please shoot me an e-mail if interested.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *