H.Sumanto,SH Ajak Masyarakat Dan Generasi Muda Sukseskan Pemilu 2024

NEWS

Ketua DPRD Jawa Tengah H.Sumanto,SH mengajak masyarakat Jawa Tengah termasuk generasi muda aktif berdemokrasi dengan  melaksanakan hak pilihnya pada Pemilu 14 Februari 2024 mendatang. Alumnus Hukum Universitas Slamet Riyadi Surakarta ini merupakan Caleg DPRD Jawa Tengah Dapil VI yang meliputi Kabupaten Karanganyar, Wonogiri dan Sragen.

Sumanto aktif bergabung dengan PDI Pro Mega dan menjadi pengurus partai sejak 1997. Pria kelahiran 1968 ini sebelum terpilih sebagai wakil rakyat menekuni profesi sebagai pengacara. Dari keaktifannya berkiprah di partai, ia terpilih sebagai Anggota DPRD Kabupaten Karanganyar pada periode 2004-2009 menjabat Wakil Ketua. Selanjutnya tahun 2009-2014 terpilih sebagai Ketua DPRD Kabupaten Karanganyar. Pada 2014-2019 mendapat kepercayaan kembali memimpin DPRD Karanganyar. Dari hasil pemilu 2019 pria yang cukup dekat dengan petani ini terpilih sebagai Anggota DPRD Jawa Tengah masa bakti 2019-2024 dan dipercaya sebagai Ketua Komisi B. Pada 5 Juni 2023 ia dilantik sebagai Ketua DPRD Jawa Tengah menggantikan Bambang Kusriyanto yang meninggal dunia.

Generasi Muda Harus Tahu  Politik

Beberapa waktu yang lalu Sumanto ambil bagian dalam kegiatan Wakil Rakyat Mengajar. Ia memberikan edukasi politik kepada siswa SMA Negeri 1 Karanganyar dengan tema “Generasi Muda dan Politik”. Dalam event yang diikuti oleh ratusan siswa putra dan putri tersebut, ia mengajak siswa yang sudah mendapatkan hak memilih untuk berpartisipasi aktif dalam menyukseskan Pemilu 2024.

Dihadapan siswa,  Sumanto mengatakan bahwa generasi muda adalah kader pemimpin dimasa depan, karenanya pengetahuan akan ketatanegaraan serta politik sangat penting diketahui. “Saya berharap adik-adik selalu aktif dalam mengikuti politik untuk menambah wawasan tentang perpolitikan di Indonesia. Tidak hanya persoalan Pemilu 2024. Siapa tahu dari kalian ada yang bisa menjadi tokoh politik seperti yang saya jalani”, kata pria asal Karanganyar ini.

baca juga:  Partisipasi Pemilih Pada Pemilu 2024 KPU Sukoharjo Targetkan 85 %

Turnamen Bola Voli

Dalam upaya meningkatkan karakter generasi muda, Sumanto juga menggelar turnamen bola voli “Ketua DPRD Jateng Cup se-Kabupaten Karanganyar. Acara yang diadakan di GOR RM. Said Karanganyar diikuti Tim Voli dari 17 kecamatan yang ada di Karanganyar. Sekretaris DPD PDI-P Jawa Tengah ini , mengatakan turnamen selain untuk memeriahkan Hari Sumpah Pemuda juga untuk mencari talenta-talenta unggul. Sehingga ketika ada pertandingan di tingkat provinsi, maka Karangnyar sudah memiliki stok atlet. Dan KONI bisa merekrut para atlet untuk dilakukan pemusatan pelatihan.

Turnamen Bola Voli Ketua DPRD Jateng Cup telah menggugah semangat para atlet voli di Karanganyar untuk bermain sebagus mungkin agar bisa menjadi yang terbaik. Selama tujuh hari GOR RM. Said dipenuhi warga masyarakat yang ingin melihat tim kesayangannya berlaga. Hadiah yang disediakan dalam turnamen Ketua DPRD Jateng Cup menjadi magnet bagi para atlet voli. Yakni uang pembinaan untuk juara I Rp.50 juta, juara II Rp.30 juta, juara III Rp.20 juta dan juara IV Rp.10 juta. Selain itu doorprize juga cukup menarik, meliputi sepeda,  smart TV, kulkas dan 2 unit sepeda motor.

Memajukan Perekonomian Lewat Desa Wisata

Dibidang pariwisata, Sumanto menaruh perhatian yang cukup besar. Dia membantu merealisasikan turunnya bantuan desa wisata di Desa Segorogunung Kabupaten Karanganyar sebesar Rp.500 juta. Menurut Kepala Desa Segorogunung Tri Hardjono, desa yang dipimpin selalu ramai dikunjungi wisatawan setiap akhir pekan. Yaitu ke landasan take off Paralayang, kebun teh, agrowisata, bumi perkemahan dan Kafe Payung Langit. Dikatakan bantuan desa wisata sebesar Rp.500 juta digunakan untuk membangun gardu pandang di agrowisata.

Kader PDI-P mengatakan optimis sektor pariwisata di Jawa Tengah akan maju pesat. Karena jumlah wisatawan di Jawa Tengah tahun 2022 sebesar 45 juta. Sedangkan targetnya 11,55juta, sehingga cukup tinggi penambahannya.

baca juga:  Reaksi Pasca-Vaksinasi Covid-19 Setiap Orang Berlainan

Kiprah lain yang sering dilakukan Sumanto adalah  nguri-uri budaya Jawa. Baru-baru ini  ia mengadakan pagelaran Wayang Kulit di rumahnya Suruh Karanganyar.  Dalam pagelaran yang dipenuhi penonton tersebut, Dalang  Ki.Aji Dwy Santoso,S.Sn,MM dan Ki.Dhanang Suseno membawakan lakon :” Wahyu Cakraningrat”. Pada kesempatan tersebut 11 dalang menyatakan komitmennya berjuang Bersama PDI Perjuangan. (Laras)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *