Puskesmas Pancur Raih Penghargaan Ganda Dari BPJS Kesehatan

NEWS

Rembang-Inspirasilube.com. Puskesmas Pancur Kabupaten Rembang meraih penghargaan bergengsi dari BPJS Kesehatan pada Rabu, 21 Februari 2024. Puskesmas ini berhasil menjadi juara 1 dalam ajang BPJS Award tingkat nasional kategori video testimoni FKTP pemanfaatan antrian online terbaik.

Prestasi gemilang ini tidak terlepas dari keberhasilan Puskesmas Pancur meraih double winner. Selain meraih juara 1 dalam lomba video testimoni pemanfaatan antrian online, puskesmas ini juga berhasil meraih akreditasi paripurna.

Wahyu Giyanto, Kepala BPJS Cabang Pati, menyatakan bahwa meskipun hanya dalam lomba video, namun ini mencerminkan betapa besar manfaat dari pemanfaatan antrian online tersebut. Menurutnya, video yang baik juga memerlukan kerja keras dan inovasi untuk menghasilkan karya yang mendapat apresiasi dari juri.

“Ini menjadi penyemangat kita, bahwa layanan di puskesmas sudah benar-benar bagus. Kita akan tularkan ini ke puskesmas-puskesmas lain yang ada di wilayah kerja kami,” tuturnya.

Penerapan antrian online yang dimulai sejak 2023 oleh Puskesmas Pancur sangat bermanfaat bagi masyarakat. Hal ini mempercepat pelayanan bagi warga yang datang ke puskesmas.

Sementara itu, akreditasi paripurna merupakan pengakuan tertinggi yang diberikan lembaga independen penyelenggara akreditasi kepada puskesmas. Penilaian berdasarkan fasilitas kesehatan, standar, dan mutu pelayanan yang berkesinambungan.

Kepala Puskesmas Pancur, dr. Samsul Anwar, mengakui bahwa jajarannya telah bekerja keras mulai dari lomba tingkat kabupaten hingga lolos ke tingkat nasional. Banyak ide tentang pelayanan, termasuk implementasi antrian online JKN, yang dimasukkan ke dalam video.

“Seluruh warga kabupaten Rembang bisa mengakses antrian online ini, karena mereka yang pertama. Jadi mau pakai mobile JKN untuk antri, tinggal klik sudah bisa,” jelasnya.

Puskesmas Pancur telah menerapkan layanan elektronik rekam medis (ERM) dan finger spot untuk fasilitas Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), serta antrian online mobile JKN sejak 2023 lalu. Penghargaan dan prestasi yang diraihnya selama 2023 serta awal tahun 2024 ini menjadi motivasi untuk semakin baik dalam melayani masyarakat. (yon)

Bagikan ke:
baca juga:  Taman Kartini Rembang Akan Disulap Jadi Kawasan Kuliner

1 thought on “Puskesmas Pancur Raih Penghargaan Ganda Dari BPJS Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *