PGRI Jawa Tengah Gelar Nuzulul Quran Dan Santuni 645 Anak Yatim

NEWS

Semarang-Inspirasiline.com. Ustad Fikri Haikal bin Zainuddin MZ mengingatkan besarnya rahmat yang diberikan Allah kepada umat manusia yang selalu memohon ampunan kepada Allah Sang Pencipta. Sebaliknya betapa ruginya manusia yang tidak memanfaatkan bulan Ramadan untuk meminta ampunan kepada Allah. Tauziah disampaikan dihadapan pengurus dan anggota PGRI, mahasiswa UPGRIS dan anak-anak yatim piatu dari 43 panti asuhan yang memenuhi Balairung, tempat diselenggarakannya  peringatan Nuzulul Quran oleh PGRI Jawa Tengah dan Universitas PGRI Semarang 25 Januari 2024. Dalam acara tahunan tersebut, organisasi guru di Jawa Tengah ini menyantuni 645 anak yatim dan yatim piatu.

Kisah Preman Masuk Surga

Ustad Fikri menceritakan  tentang doa Malaikat Jibril dibulan ramadan yang diaminkan oleh Nabi Muhammad saw, dalam kisah seorang preman durjana yang telah melakukan berbagai maksiat dan ingin bertaubat. Dia menemui seorang ustad dan menyampaikan keinginannya untuk memohon ampunan Allah dan tidak akan mengulangi perbuatannya. Sang ustad mengarahkan sang preman agar meninggalkan kampung tempat tinggalnya yang penuh dengan maksiat dan hijrah menuju tempat tinggal baru yang banyak orang sholehnya. Dengan tujuan agar preman belajar tentang ajaran Rosulullah untuk menjalankan perintah Allah.

Dalam perjalanan menuju kampung baru, preman tersebut meninggal dunia, padahal dia belum sempat melaksanakan sholat, puasa, zakat dan lain-lain. Selanjutnya datanglah Malaikat  Rohmah dan Malaikat Zabaniyah. Tugas Malaikat Rohmah adalah membawa manusia ke surga dan Malaikat Zabaniyah menyeret manusia ke neraka. Kedua malaikat berebut, Malaikat Rohmah ingin membawa sang preman ke surga dan Malaikat Zabaniyah akan memasukan ke neraka. Saat itu Allah memerintahkan kedua malaikat tidak berebut dan solusinya mengukur jarak perjalanan sang preman, jika lebih dekat ke kampung baru berarti masuk surga, namun kalau lebih dekat dengan kampung lama dimasukkan neraka. Dari pengukuran ternyata lebih dekat ke kampung baru sehingga sang preman dijadikan sebagai penduduk surga oleh Malaikat Rohmah.

baca juga:  Peringati Harlah ke 16, IAI Khozinatul Ulum Gelar Jalan Santai

Dari kisah tersebut Ustad Fikri menekankan betapa besarnya rahmat dan kasih sayang Allah untuk  hamba-hambanya yang selalu memohon ampun dan ridhoNya. Berkat rahmat yang diberikan Allah kepada preman durjana, akhirnya dia bisa dimasukkan ke surgaNya Allah.  Kuncinya semua manusia yang masuk surga karena berkat rahmat Allah.

Lima Pesan untuk Kemuliaan Hidup

Ketua PGRI Jawa Tengah Dr.H.Muhdi,MHum  dalam kesempatan tersebut menyampaikan lima pesan untuk mahasiswa UPGRIS, khususnya generasi muda yang dapat mendatangkan kebaikan untuk kesejahteraan hidup. Pesan pertama adalah pentingnya Pendidikan bagi setiap orang, karena pendidikan dapat mengubah nasib seseorang menjadi lebih baik. Disebutkan jika para pelajar dan mahasiswa menyadari pentingnya pendidikan yang  bisa merubah hidup menjadi lebih baik,  mereka akan belajar dengan giat dan sekolah setinggi-tingginya.

Pesan kedua adalah pentingnya kebiasaan bersedekah dan bersedekah akan membawa kebaikan bagi sipenerima maupun yang memberikan sedekah. Kepada para mahasiswa, Muhdi berpesan agar selalu bersedekah baik diwaktu lapang maupun kurang, karena dengan sedekah selain mendapat banyak pahala juga memberikan kebaikan bagi kehidupan kedepan.

Menghormati dan memuliakan orang tua merupakan pesan ketiga yang bukan hanya menjadi perintah agama, namun jika dilakukan akan mengantarkan kehidupan menjadi lebih baik. “Saya pastikan andaikan kalian tahu jika menghormati dan memuliakan orang tua, kehidupan kedepan akan menjadi lebih baik”, tandas Muhdi.

Pesan keempat tentang adanya keberkahan yang melimpah dibulan Ramadan. Menurut Muhdi, adanya keberkahan yang berlimpah dibulan Ramadan harus  kita manfaatkan semaksimal mungkin. Bulan Ramadhan tidak hanya membawa keberkahan bagi orang-orang yang menjalani, tetapi juga membawa berjuta ampunan bagi orang-orang yang memohon ampun kepada Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

baca juga:  Bhabinkamtibmas Polsek Cepu Bersama Babinsa Dan Warga Gelar Gropyokan Tikus Tengah Malam

Pesan kelima yang disampaikan Muhdi adalah pentingnya membaca Alquran yang didalamnya merupakan pedoman dan tuntunan hidup bagi umat muslim. Disebutkan Muhdi dengan membaca Alquran secara rutin, akan memberikan kemuliaan bagi yang membaca dan mengkajinya. Selain bertambah mulia, kehidupan umat yang rajin membaca, memahami dan melaksanakan Alquran akan semakin baik. (Laras)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *