12 Inovasi Lolos Di Lomba Inovasi Daerah Kabupaten Sragen 2024

NEWS

Sragen-Inspirasiline.com. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen terus berkomitmen untuk membangun Iklim Inovasi dan Penguatan Inovasi Daerah. Terbukti dengan Komitmen Pemkab yang Kembali Menyelenggarakan Sragen Award Kedua Kalinya.

Berdasarkan Hasil Penilaian Tim Juri Lomba Inovasi Daerah Kabupaten Sragen 2024, Pada Senin (23/4/2024) – Selasa (24/4/2024) Lalu, telah Diputuskan 12 Inovasi Dari 24 Inovasi yang menjadi Nominasi Juara.

Ke-12 Inovasi itu selanjutnya dilakukan Validasi Lapangan Oleh Tim Juri, Rabu (24/4/2024). Hasil Validasi lapangan hari ini, untuk diambil Sembilan Juara. Masing-masing Juara I, II, dan III Per Kategori dan Diumumkan Pada Sragen Award 2024, 7 Juni 2024 Mendatang.

Sebelumnya, sebanyak 302 Inovasi Daerah telah terdata dalam Sistem Informasi Riset Inovasi Pemerintah dan Masyarakat (Si Risma) Kabupaten Sragen Terpilih Masuk Nominasi. Inovasi tersebut terbagi Menjadi Tiga Kategori, yaitu Organisasi Perangkat Daerah (OPD)/Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)/Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Kecamatan/Bagian; dan Kategori Desa/Kelurahan.

Kabid Riset dan Inovasi Daerah Badan Perencanaan, Pembangunan, Riset, dan Inovasi Daerah (Bapperida) Sragen, Wawan Kurniawan, Menyampaikan Seleksi Lomba Inovasi Daerah Kabupaten Sragen 2024 Sudah Masuk Tahapan Validasi Lapangan Oleh Tim Juri Dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dan Awak Media Massa.

Wawan Kurniawan menambahkan Validasi Lapangan dilakukan pada Inovasi Daerah yang masuk dalam Empat Besar dalam Setiap Kategori.

“Validasi Lapangan Ini dilakukan untuk menentukan Tiga Juara Per Kategori. Jadi Total ada 12 Inovasi yang Lolos untuk Tiga Kategori, yakni Kategori OPD [Organisasi Perangkat Daerah]/RSUD /BUMD Kategori Kecamatan/Bagian, dan Kategori Desa/Melurahan,” Ungkap Wawan Kurniawan

Menurutnya Validasi Lapangan Perlu Dilakukan Untuk Memverifikasi Dukungan Data Sesuai Fakta yang ada Di Lapangan. Tim Dibagi Menjadi Tiga, yakni Tim I Dikoordinasi Juri Dari UGM dibantu Pegawai Bapperida. Tim 2 Dikoordinasi Juri Dari Kemendagri dan Bapperida Sragen, dan Tim 3 Dikoordinasi Juri Dari Media Massa dan Bapperida Sragen.

baca juga:  Alhamdullilah Kecamatan Miri Memiliki Gedung Baru Nan Megah

Berikut Daftar 12 Nominasi Lomba Inovasi Daerah Kabupaten Sragen 2024 :

– Kategori OPD/RSUD/BUMD :

1. Desa Tumis (Desa Tuntas kemiskinan) dari Dinas Sosial Sragen

2. Konservasi Air dengan Pengelolaan Grey Water untuk memasok Kebutuhan Air Baku dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Sragen.

3. Tante Agresif (Tangani Pukulan Dengan Cepat, Tepat, Tanggap, dan Komprehensif) Dari RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen.

4. Hebat (Homecare Sobat Telemedicine) Dari RSUD dr. Soeratno Gemolong, Sragen.

– Kategori Kecamatan/Bagian

1. Pengaman Santets (Pengamanan Aset Tanah Eks Bondo Desa Melalui Citra Satelit dan Google Maps pada Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Sragen.

2. Periodisasi Tender/Seleksi Secara Elektronik di Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Setda Sragen

3. E- Sakip (Sistem Informasi Akuntabilitas Kinerja Secara Elektronik) Pada Bagian Organisasi Setda Sragen

4. Si Mas Pede (Sistem Informasi Evaluasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa atau LPPD) Di Kecamatan Plupuh, Sragen.

– Kategori Kelurahan/Desa

1. Sop Duren (Sistem Optimalisasi Data Usulan Musrenbang) Di Kelurahan Sine Sragen

2. Pos Kelas Si Tedi (Program Sosial Kelurahan Ngembatpadas Konsultasi dan Terapi Penyandang Disabilitas) Di Kelurahan Ngembatpadas, Gemolong, Sragen.

3. Kelurahan Online di Kelurahan Gemolong, Kecamatan Gemolong, Sragen.

4. Si Dul (Si Daur Ulang) Di Desa Tanggan, Kecamatan Gesi, Sragen. ( Sugimin/17-Release Diskominfo Sragen)

Bagikan ke:

5 thoughts on “12 Inovasi Lolos Di Lomba Inovasi Daerah Kabupaten Sragen 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *