Satpam Jadi Garda Terdepan Protokol Kesehatan Kampus UMS

EDUKASI

Penulis: Supriyani
SUKOHARJO | inspirasiline.com

KAMPUS Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengadakan pelatihan pencegahan dan penanganan Covid-19 untuk tenaga satuan pengamanan (Satpam) yang digelar secara online melalui Zoom, Rabu (3/2/2021).

Pelatihan dimaksudkan agar tenaga satpam memahami bagaimana cara penanganan dan pencegahan di area kampus, terutama kepada civitas akademika.

Ketua Gugus Tugas Covid-19 UMS Prof EM Sutrisna memandang bahwa satpam atau security itu menjadi pihak yang penting sekaligus sebagai garda terdepan dalam pencegahan Covid-19.

“Satpam ini nantinya yang bertugas untuk screening para tamu yang datang ke kampus. Satpam jugalah yang membantu mengondisikan orang-orang agar tetap menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta menegakkan protokol kesehatan dalam kegiatan-kegiatan luring, sehingga acara itu bisa sukses dan tetap aman,” ungkap EM Sutrina.

Dikatakan, Gugus Tugas Covid-19 UMS telah membuat standar operasional prosedur (SOP) yang harus ditaati dan direkomendasikan. Menurutnya, semua SOP itu muaranya satu, yaitu untuk menjaga keselamatan bersama.

Dia menegaskan, di situasi pandemi seperti ini, setiap orang harus diposisikan seakan-akan dia itu terpapar, sampai ada bukti maupun hasil lab yang menyatakan bahwa dia sehat.

“Dengan titik tolak seperti itu, maka di mana pun kita berada, maka akan selalu menerapkan 5M: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas,” tandasnya.

Pelatihan diisi tiga pembicara, yaitu drg Ida Witiasai, Noor Alis Setiyadi, dan Mahasri Shobahiya.***

Bagikan ke:
baca juga:  Amankan Pilkada, Polres Sukoharjo Terjunkan 200 Personel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *