Sekdes Karanganyar Jimin Belum Pahami Keputusan Sekda Kumpulkan 18 Camat

NEWS

Penulis: Sugimin
SRAGEN | inspirasiline.com

POLEMIK Persatuan Kepala Desa dan Perangkat Desa (Praja) Sragen terus bergulir, walaupun sudah ada fatwa dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Untuk menyamakan persepsi fatwa Kemandagri, Sekretaris Daerah (Sekda) Sragen Tatag Prabawanto, Selasa (2/2/2021) mengumpulkan 18 camat se-Kabupaten Sragen di Aula Sekretariat Daerah (Setda) Sragen.

Pada kesempatan itu, Sekda Tatag Prabawanto meminta camat untuk berkoordinasi, menyupervisi, melakukan asistensi, dan menginventarisasi perangkat desa (perdes) yang masa kerjanya sampai 65 tahun.

KETUA Praja Kecamatan Plupuh Mulyo Widodo.

Sekretaris Desa (Sekdes) Karanganyar, Kecamatan Plupuh Jimin (64) yang dimintai tanggapanmya tentang fatwa Kemendagri mengaku belum memahami Keputusan Sekda kemarin itu.

“Saya belum memahami keputusan Sekda kemarin. Saya berpedoman pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No.83/2015 yang diberlakukan mulai tanggal 5 Januari 2016. Pasal 12 Permendagri huruf (b) berbunyi, perdes diangkat sebelum ditetapkannya Permendagri ini, di mana Surat Keputusan (SK) pengangkatan terakhir kali menyebutkan secara eksplisit masa kerja perdes lebih dari usia 60 tahun, maka masa kerja dimaksud tetap berlaku dan dihormati,” ungkapnya kepada inspirasiline.com di balai desa setempat, Rabu (3/2/2021).

Dia menambahkan, dirinya diangkat menjadi sekdes tahun 2018, sudah berusia 61 tahun lebih.

“usia saya sekarang 64 tahun. Juli tahun depan (2022) saya sudah pensiun. Kalau begitu itu yang disalahkan siapa?” ujar Jimin, dengan nada bertanya.

Ketua Praja Kecamatan Plupuh yang juga Sekdes Sambirejo Mulyo Widodo, sependapat dengan Jimin.

“SK itu juga didasari Peraturan Daerah (Perda) No.15/1981. Berita di media satu dengan yang lain juga beda, sehingga membingungkan perdes,” kata Mulyo Widodo.

Sampai berita ini ditayangkan, Camat Plupuh Sumarno belum bisa dihubungi.

Ketika inspirasiline.com menyambangi Kantor Kecamatan Plupuh, Camat Sumarno tidak berada di tempat. Dihubungi melalui WhatsApp (WA) belum dibalas, ditelepon juga tidak nyambung.***

Bagikan ke:
baca juga:  Puskesmas Diminta Jangan Pilih-pilih Pasien

1 thought on “Sekdes Karanganyar Jimin Belum Pahami Keputusan Sekda Kumpulkan 18 Camat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *