Hari Ini Sidang MK Sengketa Pilkada Rembang

NEWS

Penulis: Yon Daryono
REMBANG | inspirasiline.com

SELASA (16/2/2021) sore ini , Mahkamah Konstitusi (MK) akan menggelar sidang lanjutan Perselisihan Hasil Pilkada (PHP) Rembang. Dua belah pihak, baik pemohon, Pasangan Nomor 1 H Harno-Bayu Andriyanto dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) selaku termohon menyatakan optimis akan memenangkan perselisihan.

KPU Rembang sangat optimis sidang lanjutan PHP di MK akan berakhir dengan dismissal alias tidak berlanjut pada sidang pembuktian. Dua Komisioner KPU Rembang, yakni Musoffa dan Zaenal Abidin telah berada di Jakarta untuk mengikuti sidang di MK.

Saat dikonfirmasi media ini via Whatshapp, Musoffa menginformasikan bahwa sidang gugatan Pilkada Kabupaten Rembang dimasukkan ke dalam putusan dismissal oleh MK.

Dia menambahkan, dari total 130 permohonan sengketa Pilkada, ada 87 daerah yang akan diputus melalui sidang dismissal, salah satunya Kabupaten Rembang.

Dia mengaku lega, karena kemungkinan besar permohonan pemohon (Pasangan Calon Harno & Bayu Andriyanto) akan ditolak, sehingga tidak perlu sidang pembuktian.

“Putusan dismissal akan menolak keseluruhan dalil pemohon, kami lega. Artinya, MK sudah merasa yakin dengan sejumlah alat bukti yang disampaikan termohon (KPU) maupun dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), sehingga tidak perlu lagi dilanjutkan ke sidang pembuktian,“ terang Musoffa.

Meski demikian, KPU tetap akan menunggu keputusan dari MK, termasuk jika ada kemungkinan lain, misalnya diperintahkan menggelar pemungutan suara ulang (PSU) di beberapa tempat.

“KPU juga tidak underestimate. Misal putusan dismissal ada perintah PSU ya kita siap. Itu kalau ada lho ya. Tapi kami optimis keputusan KPU akan dikuatkan oleh MK,“ ujar Musoffa.

Musoffa menambahkan, salinan putusan dismissal akan diserahkan kepada KPU pusat. Setelah itu diteruskan ke KPU Kabupaten Rembang. Paling lama 5 hari setelah KPU Kabupaten Rembang menerima salinan putusan tersebut, pihaknya harus menetapkan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih.

“Jadi dihitung 5 hari setelah salinan putusan diterima KPU Rembang, semoga paling lama 2 hari kita sudah menerima,“ paparnya.

Sementara itu, Kuasa Hukum Pasangan Calon Harno-Bayu Andriyanto, Nimerodin Gulo mengaku optimis permohonannya akan diterima oleh MK. Alasannya, data yang diajukan menjadi alat bukti sangat lengkap.

“Menurut kami bukti-bukti yang kami sampaikan membuktikan Pilkada Rembang telah terjadi pelanggaran secara terstruktur, masif, dan sistematis, sehingga mengakibatkan selisih suara,“ tandasnya lewat pesan WhatsApp, Senin (15/2/2021).

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Pilkada Rembang dimenangi Pasangan Calon Nomor 2 Abdul Hafidz-Hanies Cholil Barro’ dengan memperoleh 214.237 suara, sedangkan Pasangan Harno-Bayu Andriyanto meraih 208.736 suara atau hanya terpaut 5.501 suara (1,3%). Pasangan Nomor 1 Harno-Bayu mengajukan gugatan ke MK, karena menemukan indikasi pelanggaran dan kecurangan di 47 TPS.

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kabupaten Rembang telah menyiapkan acara tasyakuran yang direncanakan digelar pada hari Minggu (21/2/2021) besok.

Terpisah, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Rembang M Ridwan menyebut, berdasarkan kajian-kajian hukum yang telah dilakukan oleh PDIP melalui Badan Bantuan Hukum dan Advokasi Rakyat (BBHAR) meyakini permohonan nomor 1 akan ditolak MK.

Keyakinan itu, kata Ridwan, berdasarkan sejumlah faktor. Mulai dari selisih suara yang disengketakan, menurutnya melebihi peraturan Mahkamah Konstitusi Nomor 8 Tahun 2020, yakni untuk Rembang maksimal 1 persen selisih suara.

Selain itu, aduan tentang pelanggaran administratif yang diajukan oleh pemohon, menurut Ridwan tidak tepat jika MK yang menanganinya.

“Saya punya keyakinan hukum bahwa permohonan nomor 1 akan ditolak. Dan PDIP telah menjadwalkan hari Minggu (21/2), akan menggelar syukuran di kantor DPC PDIP, kita bakar ikan,” tandas Ridwan.***

Bagikan ke:

1 thought on “Hari Ini Sidang MK Sengketa Pilkada Rembang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *