Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar: Pasar Bahulak Bangkitkan Perekonomian Warga Sekitar

NEWS

Penulis: Sugimin
SRAGEN | inspirasiline.com

DIREKTUR Advokasi dan Kerjasama Desa Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Fachri Labalado mengatakan, Pasar Bahulak, Desa Karungan, Kecamatan Plupuh, Kabupaten Sragen merupakan salah satu tema yang dibahas Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar.

Pasar Bahulak, kata Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar, perekonomian warga sekitar bangkit di masa pandemi Covid-19.

“Pasar Bahulak tempo dulu biasanya dikemas lesehan, kini ada meja dan kursi. Harapan saya, penggunaan plastik bisa lebih dikurangi,” ujar Fachri Labalado saat memberikan sambutan dalam Deklarasi Desa Karungan sebagai Desa Pancasila dan Pasar Bahulak sebagai Pasar Gotong Royong di Pasar Bahulak, Minggu (7/3/2021).

Deklarasi tersebut diprakarsai Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) bersama Kemendes PDTT.

Kegiatan juga dihadiri Ketua BPIP Yudian Wahyudi, anggota DPR RI Luluk Nur Hamidah, Wakil Bupati Sragen Dedy Endriyatno, pejabat lain dinas/instansi, dan Camat Plupuh Sumarno.

DIREKTUR Advokasi dan Kerjasama Desa Kemendes PDTT Fachri Labalado saat memberikan sambutan.

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati sudah hadir pagi, pada acara gowes bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) beserta Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan meninggalkan Pasar Bahulak sebelum deklarasi dimulai.

Anggota DPR RI, Luluk Nur Hamidah saat memberikan sambutan, menyebut Pasar Bahulak sebagai kekuatan ekonomi yang bangkit di masa pandemi Covid-19.

Menurutnya, Pasar Bahulak dibangun dengan semangat gotong royong dan solidaritas yang kuat di kalangan masyarakat setempat. Semangat itulah yang tidak terlihat dalam konsep ekonomi liberal kapitalis.

“Kita tidak menolak kapitalisme, tapi di sini ada humanisme. Inilah ekonomi Pancasila. Perekonomian dibangun berdasar gotong royong yang jadi roh kehidupan. Gotong royong ini sudah dilakukan sekian ratus tahun dan jadi roh kehidupan di lingkungan masyarakat kita,” ungkap legislator dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

baca juga:  59 Panwas TPS di Toroh Grobogan Keracunan Nasi Kardus Saat Ikuti Bimtek dan Apel Siaga Pemilu 2024

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Sragen Yusup Wahyudi, saat ini tengah mendorong Karungan ditetapkan sebagai desa wisata. Sejumlah desa seperti Jambeyan, Jetis, Sukorejo, Pilang, Boyolayar, dan lain-lain lebih dulu ditetapkan sebagai desa wisata. Mereka telah memiliki potensi desa yang dikelola secara mandiri oleh warga setempat.

“Kami telah memberi pendampingan supaya Karungan segera ditetapkan sebagai desa wisata, dengan potensi unggulan Pasar Bahulak ini,” ujar Yusup Wahyudi.***

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *