Bupati Yuni Sukowati-Wabup Dedy Endriyatno Raih Predikat Sangat Baik AMJ 2016-2021

NEWS

Penulis: Sugimin
SRAGEN | inspirasiline com

HASIL pemeriksaan Akhir Masa Jabatan (AMJ) Bupati-Wakil Bupati Sragen periode tahun 2016-2021 atas visi dan misi yang dituangkan dalam RPJMD mendapatkan predikat kinerja “Sangat Baik” dengan nilai 91,67.

Hasil pemeriksaan AMJ Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati – Wakil Bupati Sragen Dedy Endriyatno periode 2016-2021 itu disampaikan oleh Inspektur Inspektorat Provinsi Jawa Tengah Hendri Santosa kepada jajaran pejabat Pemkab Sragen di Ruang Citrayasa, komplek Rumah Dinas Bupati Sragen, Selasa (6/4/2021).

Hendri menyebutkan, kedatangan tim Inspektorat Provinsi Jawa Tengah merupakan Program Kerja Pengawasan Tahunan (PKPT) guna melakukan pemeriksaan AMJ bupati/walikota pada pemerintah kabupaten/kota.

“Selama masa 2016-2021, capaian kinerjanya sangat luar biasa, dengan nilai 91,67 dan dengan predikat Sangat Baik. Tepuk tangan buat kita semuanya,” ungkap Hendri.

Pihaknya merinci, ada tiga aspek dalam pemeriksaan AMJ tersebut, yakni Kesejahteraan Masyarakat dengan skor 33,63, Daya Saing Daerah dengan skor 24,88, dan Pelayanan Umum dengan skor 33,16.

Atas hasil tersebut, Inspektur Hendri Santosa menyarankan kepada Bupati Yuni agar segera memerintahkan OPD terkait untuk melakukan evaluasi, langkah-langkah perbaikan ke depan, dan berkomitmen untuk mencapai target yang telah ditetapkan dalam RPJMD sebagai wujud pencapaian kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah.

“Khususnya yang realisasi capaian kinerjanya belum mencapai target RPJMD dan hasil kinerjanya tidak dapat diukur, karena tidak tersedianya data target maupun realisasi,” kata Hendri.

Termasuk Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2021-2026 agar bersinergi dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) yang masih akan berakhir pada 2025 mendatang.

Sementara Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati bersyukur, hasil yang dicapai dalam pemeriksaan AMJ Bupati-Wakil Bupati Sragen tahun periode 2021-2026 hasilnya sangat baik.

baca juga:  Jalan rusak parah Warga mengeluh

Alhamdulillah hasil yang dicapai periode tahun 2021-2026, sangat baik. Ini semua berkat sinergitas yang baik dari kami di jajaran pemerintahan,” tutur Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati

Yuni, sapaan akrabnya melanjutkan, yang menjadi rekomendasi-rekomendasi Inspektorat Provinsi Jawa Tengah terkait penyusunan RPJMD 2021-2026 bisa menjadi bahan masukan dan perlu diperhatikan. Selain itu juga harus realistis menyesuaikan asumsi dan kondisi yang terjadi sekarang, salah satunya memperhatikan adanya pandemi Covid-19.

“Kepada Bappeda Litbang, segera agendakan rapat koordinasi seluruh jajaran OPD untuk membahas evaluasi indikator kinerja. Nantinya dalam rakor tersebut kita menyusun RPJMD 2021-2026 agar indikator bisa sinkron dengan baik, mulai dari visi-misi dan urusan penyelenggaraan pemerintahan yang lain,” lanjutnya.

Meski akan menjabat kembali sebagai Bupati Sragen, Yuni menyatakan bahwa akan terus berkomitmen mengerahkan segalam macam bentuk sumber daya, untuk segera mengembalikan keadaan dan meningkatkan kinerja pascapandemi Covid-19.***

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *