Kades Cangkol Suwandi Ajak Semua Ketua RT Pertahankan Zona Hijau

NEWS

Penulis: Sugimin
SRAGEN | inspirasiline.com

KEPALA Desa (Kades) Cangkol, Kecamatan Plupuh, Kabupaten Sragen Suwandi mengajak semua Ketua Rukun Tetangga (RT) untuk mempertahankan zona hijau.

Ajakan itu disampaikan Suwandi saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) tentang Kegiatan Penanganan Covid-19 di balai desa setempat, Kamis (29/4/2021).

Sebagai upaya pencegahan dini penyebaran Covid-19, Kades Suwandi juga meminta semua ketua RT melaporkan warga perantau yang pulang kampung ke Satgas Covid-19 tingkat desa.

Sebaliknya, Satgas Covid-19 tingkat desa diminta segera melaporkan jika ada warga yang dikarantina dan selama karantina mengetahui suhu tubuh yang bersangkutan mencapai 38 derajat Celcius, batuk/pilek, dan sakit tenggorokan/sesak napas.

“Zona hijau ini harus kita pertahankan semaksimal mungkin. Tolong peran serta Pak RT dimaksimalkan,” tandas Suwandi didampingi Babinsa Sertu Giyanto dan Bhabinkamtibmas Brigadir Bahtiar Firdaus.

Menyinggung perihal gelaran hajatan, Suwandi memperbolehkan asal semuanya,  baik yang punya hajat maupun tamu tetap menaati protokol kesehatan.

Sementara Babinsa Sertu Giyanto dan Bhabinkamtibmas Brigadir Bahtiar Firdaus mengimbau kepada ketua RT untu melakukan jemput bola kepada perantau yang mudik dan melaporkannya segera ke Satgas Covid-19 tingkat desa.

“Pemudik jarang yang mau melaporkan diri. Makanya Pak RT harus jemput bola, supaya tidak ada satu pun warga yang tertular Covid-19,” ujar Sertu Giyanto.

Bhabinkamtibmas Brigadir Bahtiar Firdaus menyarankan, semua ketua RT untuk mengimbau warganya supaya selalu menaati protokol kesehatan, termasuk saat beribadah di masjid.

“Ketua RT juga supaya melarang warga yang akan takbir keliling saat malam Lebaran nanti. Takbir dan Salat Idul Fitri mohon untuk dilaksanakan di masjid atau musala masing-masing. Ini sebagai upaya menghindari kerumunan,” tutur Brigadir Bahtiar Firdaus.

Rakor diikuti semua ketua RT dan anggota Badan Permusyawatan Desa (BPD), serta dihadiri Babinsa Sertu Giyanto dan Bhabinkamtibmas Brigadir Bahtiar Firdaus.

baca juga:  Berkat Aduan Masyarakat Melalui Nomor “Lapor Pak Kapolres Sukoharjo”, Tiga Pengguna Narkoba Berhasil Dibekuk Polisi

Untuk mengetahui tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Satgas Covid-19 tingkat desa, Sekretaris Desa (Sekdes) Cangkol selaku Koordinator Tim Pendukung Satgas Covid-19 tingkat Desa, Dardi membagikan SK Ketua RT dan SK Satgas Covid-19 kepada yang bersangkutan.***

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *