Ganjar: Bupati/Walikota Harus Pantau-Laporkan Kebutuhan Oksigen Daerahnya

NEWS

Penulis: Yokanan | Editor: Dwi NR
BLORA | inspirasiline.com

PENYEDIAAN tempat tidur dan ketersediaan oksigen masih menjadi pokok persoalan untuk menangani pandemi Covid-19 di Jawa Tengah.

Demikian disampaikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada saat membuka Rakor Penangananan Covid-19 di Jawa Tengah, Senin (5/7/2021), yang diikuti Bupati Blora Arief Rohman, Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, dan jajaran Forkopimda di Ruang Pertemuan Setda Blora.

Dikarenakan hal tersebut, Gubernur Ganjar menyampaikan, saat ini telah terbentuk Satgas Oksigen di Jawa Tengah.

“Ini merupakan satu-satunya satuan tugas yang menangani ketersediaan oksigen di Indonesia. Karena kami berpikir, oksigen ini urgent dan penting,” kata Ganjar.

“Kepala dinas untuk monitor terus setiap hari dan apabila ada keluhan segera sampaikan ke Dra Peni Rahayu MSi (Ketua Satgas Oksigen Jawa Tengah).
Ini ikhtiar kita bersama untuk menyelesaikan persoalan oksigen. Jadi saya minta tolong, Bapak/Ibu Kepala Daerah untuk memantau dan memprediksi kebutuhan oksigen di daerahnya masing-masing. Apabila ada kendala, segera laporkan,” lanjutnya.

Dan terkait dengan vaksinasi yang saat ini menarik atensi masyarakat untuk mendapatkannya, Gubernur meminta daerah membuka outlet sebanyak-banyaknya.

“Untuk vaksinasi, daerah tolong membuka sebanyak-banyaknya outlet vaksinasi, demi menghindari kerumunan dan mendekatkan dengan masyarakat. Gunakan fasilitas-fasilitas yang dimiliki daerah masing-masing untuk dijadikan outlet vaksinasi,” pinta Gubernur.

Sebelum menutup rakor, Gubernur menekankan untuk senantiasa eling lan ngelingke protokol kesehatan agar angka-angka konfirmasi positif dapat ditekan.

“Sekali lagi saya berpesan, eling lan ngelingke protokol kesehatan demi keselamatan kita bersama. Maksimalkan peran Jogo Tonggo, Kampung Tangguh, atau yang lainnya. Untuk sosialisasi dan edukasi, fasilitas-fasilitas keagamaan untuk terus membantu pemerintah. Meskipun ibadah di rumah masing-masing, setidaknya takmir masjid atau tokoh agama dapat mengedukasi jemaatnya secara daring. Mari bersama-sama kita lawan virus ini, dan semoga dengan kerja keras kita semua, pandemi dapat teratasi,” tutup Ganjar.

baca juga:  Bupati Blora Terima Penghargaan Dari Kapolda Jateng Atas Gigihnya Dorong Pembangunan RS Bhayangkara

Rakor dilanjutkan dengan pemaparan perkembangan kasus Covid-19 di Jawa Tengah oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Pangdam IV Diponegoro, Kapolda, dan Kepala Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah.

Menyikapi hal tersebut, Bupati Arief Rohman kemudian menggelar rapat koordinasi internal Pemkab, untuk memantau kondisi ketersediaan oksigen dan vaksinasi bersama seluruh stakeholder kesehatan.

Hadir dalam rakor ini, Asisten 1 dan 3 Sekda Kabupaten Blora, Kepala Dindagkop dan UKM, Plt Kepala Dinas Kesehatan, jajaran BPBD, dan jajaran Satpol PP Kabupaten Blora.***

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *