Keliling Tinjau Vaksinasi, Bupati Dorong Partisipasi Masyarakat Meningkat

NEWS

Penulis: Yokanan
BLORA | inspirasiline.com

BUPATI Arief Rohman bersama Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, Kapolres AKBP Wiraga Dimas Tama, dan Komandan Kodim 0721/Blora Letkol Inf Andy Soelistyo, Selasa (27/7/2021) siang melaksanakan roadshow tinjauan vaksinasi Covid-19 di sejumlah lokasi.

Lokasi pertama tinjauan vaksinasi dilakukan Bupati dan Forkopimda di Graha Bethany dengan pembukaan gerai vaksinasi Presisi oleh Polres Blora.

“Kami sampaikan kepada Bapak Bupati dan rombongan, vaksinasi di Graha Bethany ini terbuka untuk umum dan berlangsung selama 4 hari, mulai hari Kamis dan ini hari terakhir dengan total sasaran 1214 orang. Kami berterimakasih atas bantuan jajaran Polres Blora dalam pelaksanaan vaksinasi ini,” ucap Esther Srimining selaku penanggungjawab vaksinasi.

Menanggapi hal tersebut, Bupati menyampaikan apresiasi dan ajakan kepada seluruh warga masyarakat untuk mensukseskan vaksinasi.

“Terima kasih, Bu Esther dan teman-teman yang berkenan menyediakan tempat untuk pelaksanaan vaksinasi. Dan kepada bapak/ibu serta anak-anak yang menerima vaksin, jangan takut untuk di vaksin karena ini aman dan dapat meminimalisir dampak terpapar Covid19. Mari bersama-sama kita perangi sebaran virus ini dengan mengikuti vaksinasi,” ajak Bupati.

Rombongan kemudian bergerak menuju lokasi kedua di Desa Gunungan Todanan, Kecamatan Todanan yang menjadi salah satu daerah wilayah Blora yang masuk zona oranye.

Di sini Bupati dan rombongan melihat kurangnya animo masyarakat untuk mengikuti vaksinasi dan mempertanyakan kendala yang dihadapi oleh kepala desa, di mana tingkat partisipasi warganya masih rendah.

“Bu Kades, untuk meningkatkan partisipasi warga Bu Kades bisa mengajak alim ulama atau sesepuh pinisepuh Desa Gunungan untuk ikut vaksinasi. Dan tolong Pak Babinsa dapat door to door mengajak peran serta masyarakat, kalau perlu diantar-jemput, Pak,” saran Bupati.

baca juga:  Dua Inovasi Sragen Masuk Nominasi Innovative Government Award (IGA) 2022

Kades Gunungan Endang Karsinem pun menyatakan kesiapannya melaksanakan saran dan arahan Bupati dan mendorong warga desanya untuk mengikuti vaksinasi, di mana dari sekitar 400 target vaksinasi, baru ada 49 warga yang hadir.

Tinjauan berikutnya, dilaksanakan Bupati dan rombongan ke Puskesmas Todanan dan menyapa masyarakat umum yang antusias mengantre untuk vaksinasi. Tidak hanya orang dewasa, namun juga para pelajar.

“Bapak-Ibu dan anak-anak usia diatas 12 tahun, saya atas nama Pemerintah Kabupaten Blora maturnuwun, Bapak-Ibu dan anak-anak kersa divaksin. Ini semua sebagai ikhtiar kita untuk memerangi persebaran Covid-19. Semoga semuanya sehat dan dijauhkan dari paparan virus ini,” kata Bupati.

Data yang masuk, sasaran vaksin di UPTD Puskesmas Todanan pada hari kedua berjumlah 250 orang, meningkat dari hari sebelumnya 170 orang.

Lokasi vaksinasi berikutnya yang menjadi fokus monitoring adalah PT GMM yang bekerjasama dengan Kodim 0721/Blora melalui Rumkitban (DKT) Wira Husada Blora dengan total sasaran 500 orang. Rombongan diterima oleh Direktur Keuangan dan SDM PT GMM Agus Susatya.

Matur nuwun atas kerawuhan Pak Bupati dan rombongan. Pelaksanaan vaksinasi di sini, kami bekerjasama dengan DKT. Maturnuwun, Pak Dandim sudah memfasilitasi dan sasaran kami sebanyak 500 orang, karyawan dan keluarga, sehingga harapan kami, tenaga kerja kami dijauhkan dari paparan virus Covid-19,” kata Agus.

Bupati menyatakan bahwa pihaknya akan terus meningkatkan pelaksanaan vaksinasi di desa-desa dengan sinergi bersama TNI-Polri.

Alhamdulillah, pelaksanaan vaksinasi beberapa wilayah di Todanan sudah berjalan baik, tidak berkerumun, sesuai dengan protokol kesehatan, dan masih perlu ditingkatkan partisipasi warganya. Ini semua sebagai upaya kita bersama memerangi Covid-19,” ucap Bupati.

Sementara Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora Edi Widayat menyampaikan update capaian vaksinasi per 26 Juli 2021. Menurutnya, total vaksinasi dosis pertama sudah 14,6% dan dosis kedua 7% dari total 715.441.***

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *