Kuota Subsidi Solar Nelayan Terbatas, Bupati Dico M Ganinduto Siap Carikan Solusi Terbaik

NEWS

Penulis: Eko Purwanto | Editor: Dwi NR
KENDAL | inspirasiline.com

PANDEMI Covid-19 terbukti berdampak pada hampir segala sektor kehidupan masyarakat. Salah satunya bagi kehidupan para nelayan, utamanya di Kabupaten Kendal, terkait keterbatasan kuota subsidi bahan bakar minyak (BBM) jenis solar dari pemerintah.

Tercatat pada 2021 ini, nelayan Kendal hanya dijatah 7.150 kiloliter (Kl) solar subsidi oleh pemerintah melalui Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas). Padahal seharusnya, kebutuhan solar nelayan Kendal mencapai 11.400 Kl atau hanya sekitar 65 persen saja selama satu tahun.

Menyikapi kondisi ini, Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kendal Hudi Sambodo mengatakan, sesuai arahan Bupati Dico M Ganinduto, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal akan berupaya mencari solusi terbaik agar persoalan nelayan dapat terselesaikan dengan baik.

PLT Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kendal Hudi Sambodo.

“Kami Pemerintah Kabupaten Kendal akan terus berusaha semaksimal mungkin untuk hadir di tengah kesulitan masyarakat. Terkait dengan keterbatasan subsidi solar, kami akan menyampaikannya ke BPH Migas dan meminta agar kuota untuk Kendal bisa ditambah sesuai dengan kebutuhan para nelayan di Kabupaten Kendal,” tuturnya saat mengecek distribusi kebutuhan solar di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Tawang, Selasa (10/8/2021).

Selain itu, menurut Hudi Sambodo, Bupati juga menyampaikan akan memperbaiki manajemen di Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) terkait pengelolaan distribusi bahan bakar untuk nelayan, dan siap mencari solusi terbaik untuk meringankan beban para nelayan agar persoalan ini dapat segera teratasi.

“Bupati Dico berharap, masyarakat bisa lebih tenang dalam menyikapi hal ini. Menurutnya, kondisi seperti ini juga dihadapi oleh masyarakat di daerah-daerah lain. Untuk itu, Bupati meminta, khususnya kepada para nelayan untuk lebih bersabar, karena Pemerintah Daerah akan terus mengupayakan yang terbaik bagi masyarakat Kabupaten Kendal,” tandas Hudi Sambodo.***

Bagikan ke:
baca juga:  Program Mageri Segoro Polda Jateng Raih Penghargan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *