Ikuti Peluncuran Perpres 67/2021, Wabup Tri Yuli Setyowati Ajak “TOSS TBC”

NEWS

Penulis: Yokanan | Editor: Dwi NR
BLORA | inspirasiline.com

MEWAKILI Bupati Arief Rohman, Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati mengikuti peluncuran Perpres No 67 Tahun 2021 tentang Penanggulangan Tuberkulosis (TBC) secara virtual oleh Menteri Koordinator (Menko) PMK Muhadjir Effendi, di Ruang Rapat Bupati, Kamis (19/8/2021).

Sebelum puncak acara peluncuran, disampaikan beberapa dukungan arahan dari Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang menyampaikan bahwa TBC menimbulkan dampak negatif yang mempengaruhi kesehatan warga.

“Indonesia negara tertinggi kedua di dunia dalam jumlah pengidap TBC, dan ini merupakan pekerjaan rumah kita bersama untuk menurunkan angka ini. Kami mengajak segenap masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi menanggulangi TBC, sehingga di tahun 2030 dapat mengeliminasi TBC,” kata Menkes.

Sementara Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri Hari Nur Cahya Murni mewakili Menteri Dalam Negeri mendukung penuh peluncuran Perpres ini, dengan menekankan peran pemerintah daerah dalam memerangi TBC.

WAKIL Bupati Tri Yuli Setyowati bersama OPD terkait melakukan “TOSS TBC” di Ruang Rapat Bupati, Kamis (19/8/2021).

“Komitmen peran pemerintah daerah dalam penanganan TBC, salah satunya dengan memberikan dukungan anggaran, pemenuhan sumber daya manusia di bidang kesehatan yang mumpuni, dan menetapkan strategi akses pelayanan kesehatan dalam mengatasi TBC,” ungkapnya.

Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa mengajak seluruh stakeholder untuk berlari dengan cepat agar 2030 dapat mengeliminasi TBC.

“Terbitnya Perpres ini sebagai komitmen pemerintah untuk dapat merdeka dari TBC di tahun 2030. Mari kita bersama-sama bergotong royong dan bahu-membahu memerangi TBC dan juga pandemi-pandemi lainnya,” ajak Suharso

Menko PMK Muhadjir Effendy dalam sambutan pengarahannya menyampaikan bahwa terbitnya Perpres ini sebagai hadiah HUT Ke-76 Kemerdekaan RI.

“Hadiah HUT Ke-76 Kemerdekaan RI tidak hanya Perpres ini, tapi ada satu lagi Perpres No 72 Tahun 2021, yaitu tentang penanganan stunting. Dua-duanya sangat strategis dalam pembangunan sumber daya manusia. Hal ini merupakan salah satu wujud komitmen bapak Presiden untuk lebih memperhatikan dan lebih fokus dengan pembangunan SDM. Mari kita bahu-membahu dan bergotong royong meningkatkan komitmen semua pihak dan tumbuh bersama untuk Indonesia tangguh menanggulangi tuberkulosis,” harapnya.

Peluncuran ditandai dengan “Temukan Obati Sampai Sembuh Tuberkulosis” atau “TOSS TBC” oleh seluruh peserta secara virtual, yang kemudian dilanjutkan dengan webinar untuk pendalaman materi.

Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati menyambut antusias terbitnya Perpres ini, dan memerintahkan OPD terkait untuk menindaklanjuti.

“Karakteristik penanganan TBC dan Covid-19 hampir mirip, salah satunya tadi dengan menggunakan masker, mencuci tangan, dan sanitasi lingkungan. Semua sudah kita lakukan untuk mencegah penularan Covid-19 sekaligus penularan TBC. Perpres ini segera ditindaklanjuti sebagai wujud dukungan kita merdeka dari TBC di tahun 2030. TOSS TBC,” tandasnya.

Wabup Tri Yuli Setyowati mengaku akan melaporkan adanya Perpres ini kepada Bupati dan berkoordinasi dengan OPD terkait untuk dipedomani serta dilaksanakan bersama.***

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *