Dukung Pengentasan Kemiskinan, Baznas Salurkan Bantuan Ternak Sapi

NEWS

Penulis: Yokanan | Editor: Dwi NR
BLORA | inspirasiline.com

MEWAKILI Bupati Blora Arief Rohman, Asisten I Pemerintahan dan Kesra Sugiyanto menyerahkan bantuan berupa ternak sapi dan modal usaha bagi pelaku UMKM dari Baznas, di Lobi Kantor Bupati Blora, Senin (6/9/2021).

Bantuan yang disalurkan dari Baznas Kabupaten Blora tersebut ditujukan kepada masyarakat untuk membantu upaya pengentasan kemiskinan.

Asisten I mengapresiasi adanya dukungan dari Baznas yang telah membantu mengelola dan menyalurkan zakat dari para pegawai negeri sipil (PNS) yang ada di Kabupaten Blora, termasuk kepada para aparatur sipil negara (ASN) yang telah berzakat.

“Mewakili Bapak Bupati, saya berterima kasih kepada Baznas yang telah mengelola zakat kami para ASN di Kabupaten Blora. Kami juga berterima kasih kepada ASN yang telah berzakat. Semoga adanya penyaluran bantuan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat,” ucapnya.

Pihaknya berharap agar bantuan yang diserahkan berupa ternak sapi maupun modal usaha ini dapat dikelola dan dimanfaatkan dengan baik, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Semoga dengan bantuan ini bisa semakin produktif, sehingga perekonomian panjenengan bisa membaik dan sejahtera. Jangan dijual sapinya, namun dirawat, sehingga bisa berkembangbiak,” imbuhnya.

Sementara Wakil Ketua Baznas Blora Nur Rokhim merinci bahwa bantuan yang diserahkan Baznas kali ini diwujudkan dalam bentuk sapi dan modal usaha.

“Hari ini kami menyampaikan bantuan berupa sapi, ada 16 penerima sapi dan 4 penerima bantuan modal usaha. Sapi per ekornya seharga kurang lebih 12 juta dan insyaAllah hari ini kami sampaikan ada 4 desa/kelurahan yang menerima bantuan sapi,” rinci Nur Rokhim.

Sementara modal usaha yang diberikan kepada 4 orang penerima, masing-masing memperoleh sebesar Rp 7,5 juta.

Dijelaskan, bantuan sapi dan modal usaha tersebut senilai total Rp 222 juta, yang berasal dari zakat para PNS di Kabupaten Blora.

baca juga:  Pemkab Sragen Kampanye Gempur Rokok Ilegal Dengan Gowes Bareng

“Total yang kami sampaikan ini ada Rp 222 juta. Ini semua adalah uang dari zakatnya para ASN se-Kabupaten Blora. Setiap bulannya kami mengelola zakat ini sebanyak Rp 715 jutaan,” jelas Wakil Ketua Baznas.

“Kalau sudah terkumpul, nanti kami tasarufkan ke warga kita, yang tujuannya untuk membantu mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Blora,” sambungnya.

Pihaknya berharap agar para penerima dapat mengelola bantuan dengan sebaik-baiknya, sehingga bisa bermanfaat.

“Untuk itu kami berharap untuk yang menerima bantuan sapi nanti akan dipantau terus oleh bapak kepala desa dan kepala kelurahan, sehingga bantuan ini bisa berkembang. Juga bantuan modal usaha untuk bisa dikembangkan supaya meningkatkan kemakmuran keluarga,” harap Nur Rokhim.

Sebagai informasi, para penerima bantuan tersebut berasal dari 4 desa dan kelurahan, yakni Desa Patalan, Desa Kamolan, Kelurahan Kunden, dan Kelurahan Bangkle.

Hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Dinas P3A Kabupaten Blora, Camat Blora, serta kepala desa dan kepala kelurahan penerima.***

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *