Ketua DPC KAI Blora Beri Kesempatan Mahasiswa IAIN Surakarta Belajar Proses Persidangan Secara Langsung

NEWS

Penulis: Yokanan | Editor: Dwi NR
BLORA | inspirasiline.com

EMPAT mahasiswa Jjurusan Hukum Syariah Institut Agam Islam Negeri (IAIN) Surakarta menempuh Program Praktik Lapangan (PPL) di kantor pengacara dan asosiasi terkemuka di Blora, Selasa (7/9/2021).

Keempat mahasiswa itu bertujuan untuk mendapatkan gambaran proses persidangan secara langsung di Kantor Pengacara Sugiyarto SH MH dan Asosiasi, yang beralamat di Jalan Raya Blora-Ngawen.

Mereka adalah Luluk Ilfitria, Nurhayati Shalikah, Nita Puspitasari, dan Iza Miningsih.

Iza mengaku, kedatangannya di kantor lawyer Sugiyarto untuk belajar langsung proses persidangan sesungguhnya di lapangan.

“Kami ingin memperoleh visualisasi secara langsung dari apa yang kita dapatkan dari kampus. Tadi kami sudah lihat langsung di persidangan, bagaimana proses mediasi berlangsung dan dilihatkan pula bentuk surat kuasa itu seperti apa,” katanya.

Mahasiswi asal Klaten ini mengaku penasaran dengan sistem kerja seorang pengacara. Menurutnya, untuk menjadi pengacara profesional harus memiliki bukti-bukti kuat di persidangan.

“Sebenarnya penasaran saja, pengacara itu seperti apa, sih. Tadi juga disampaikan, pengacara yang baik itu harus punya bukti kuat saat proses persidangan digelar. Karena kalau sampai satu bukti saja tidak kuat bisa dimanfaatkan lawan,” ungkapnya.

Iza berharap, dengan belajar ilmu hukum secara langsung di ahlinya, dia bisa lebih banyak mendapat gambaran permasalahan-permasalahan hukum sesungguhnya di lapangan.

“Semoga dengan PPL langsung di sini, bisa menambah wawasan ilmu hukum kami. Bagaimana dalam menangani perkara hukum, membela klien, hingga bisa memenangkan kasus,” harapnya yang diamini tiga teman lainnya.

Dalam kesempatan itu, Sugiyarto yang juga Ketua DPC Kongres Advokat Indonesia (KAI) Kabupaten Blora menekankan, jadi lawyer tidak mudah, karena banyak anggapan negatif dari masyarakat.

“Kalau itu terjadi, ingatkan itu bukan kita, tapi oknum-oknum yang hanya ingin memanfaatkan dari berbagai persoalan hukum yang berjalan. Harapan kami, nanti ada lahir lagi lawyer-lawyer yang berdedikasi tinggi, yang bisa benar-benar menegakkan hukum dan keadilan,” jelasnya.

baca juga:  Wabup Harapkan Makin Banyak SDM Lokal Bisa Ikut Berperan Majukan Industri Migas Di Daerah

Sementara Lawyer Chakim, partnernya berpesan kepada para mahasiswi untuk giat belajar dan bisa lulus cumlaude, serta mampu menciptakan lapangan kerja sendiri, alias tidak bergantung menjadi pegawai, baik ASN maupun swasta.***

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *