Gubernur Jawa Tengah Rakor Evaluasi APBD dan APBN 2021

NEWS

Penulis : Yokanan

Inspirasiline

Semarang,  – Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati,ST, MM, mewakili Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., mengikuti rapat koordinasi (rakor) Evaluasi Pelaksanaan APBD dan APBN Provinsi Jawa Tengah tahun 2021 secara luring di Ruang Rapat Gedung A Lantai 2, Senin siang (25/11/2021).

Pada agenda tersebut Wabup hadir secara luring bersama dengan beberapa Kepala Daerah lainnya yakni Bupati Pekalongan, Wakil Bupati Cilacap, dan Plt Bupati Banjarnegara. Sementara itu kepala daerah se Jawa Tengah turut mengikuti rakor secara virtual.

Agenda diawali dengan pemaparan oleh Sekda Provinsi Jawa Tengah Sumarno, SE, MM dan Kemudian pemaparan oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Jawa Tengah, Midden Sihombing dan arahan dari Gubernur Jawa Tengah. Selain itu, para kepala daerah juga secara aktif berdiskusi dalam rapat tersebut.

Sekda mengawali paparan dengan menyampaikan terkait progress pelaksanaan APBD Provinsi Jawa Tengah,

“Progress sampai dengan 21 Oktober untuk pendapatan daerah mencapai 70,59%, PAD tercapai 70,22 persen, dan dana transfer 71,16%, dan lain-lain yang sah55,37% sedangkan untuk serapan belanja 58,48% dari belanja operasi 65,77%, belanja modal30,98% belanja tidak terduga73,12%, belanja transfer 49,87% “ terangnya

Sekda menyampaikan, terkait capaian pendapatan, bahwa salah satu permasalahan yang dihadapi adalah pandemi dan dampak dari PPKM.

“Untuk kaitannya dengan capaian pendapatan progress 70%, permasalahan adalah kaitannya dengan ekonomi yaitu pandemi covid-19” terangnya

“Pendapatan-pendapatan dari retribusi pemakaian layanan daerah juga terdampak dari adanya PPKM” tambahnya

Upaya-upaya untuk mendorong tercapainya target pendapatan akan terus dilakukan pemerintah.

“Mudah-mudahan bisa mempercepat pencapaian target pendapatan yang dianggarkan” jelasnya

Sekda kemudian menjelaskan data-data terkait APBD Provinsi Jawa Tengah secara rinci kepada kepala daerah dan SKPD terkait yang mengikuti rapat tersebut.

baca juga:  Jabatan Kasatreskrim Polres Grobogan Diserahterimakan

Di akhir paparannya, Sekda menyampaikan beberapa catatan agar adanya percepatan dalam pelaksanaan anggaran. Setelah itu Kakanwil DJPb Jawa Tengah memaparkan data dan  laporan terkait pelaksanaan APBN.

Gubernur menyampaikan bahwa kegiatan rakor tersebut dilakukan untuk mengevaluasi pelaksanaan APBD dan APBN Provinsi Jawa Tengah tahun 2021.

Pihaknya menyampaikan salah satunya kepada daerah, untuk memperhatikan beberapa catatan yang telah di evaluasi tadi.

“Kabupaten dan kota minta tolong tadi pak Kakanwil sudah menyampaikan, ada serapanya, waktunya pendek, jangan lupa disiplin upload. Tadi yang kolomnya merah, tolong dibantu untuk dilakukan percepatan kalau ada kesulitan tolong dikomunikasikan dengan kami” paparnya

“Kita minta bantuan dalam waktu 2 bulan terakhir untuk kita kebut” pungkasnya

Sementara itu Wabup Blora menyampaikan bahwa pihaknya akan menindaklanjuti arahan dan catatan dari hasil evaluasi tersebut.

“Terkait ini kita sudah on the track, beberapa catatan tadi akan segera kita tindaklanjuti bersama Bpk Bupati sesuai dengan arahan Pak Gubernur” terangnya

Selain itu, pada kesempatan tersebut Pemprov juga meminta dukungan dari Pemkab Blora terkait penagihan pajak, salah satunya adalah pajak kendaraan bermotor. Sehingga potensi pendaptan dapat dioptimalkan.***

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *