TP PKK Desa Sukoharjo Juara Lomba Hatinya PKK

INSPIRASIANA

Penulis: Sukamto | Editor: Dwi NR
WONOGIRI | inspirasiline.com

PANDEMI Covid-19 ternyata tak menyurutkan semangat Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri yang dipimpin Sutarti Dwi Martanto, untuk menggelar Lomba Pemanfaatan Lahan Pekarangan dan Halaman Asri, Teratur, Indah, dan Nyaman (Hatinya) PKK tingkat Kecamatan, beberapa saat lalu.

MARSUTI, panitia lomba bersama para anggota TP PKK Desa Tirtomoyo.

Lomba bertujuan untuk menjaga ketersediaan dan kebutuhan pangan keluarga melalui optimalisasi penanaman di lahan pekarangan dengan penganekaragaman tanaman seperti warung hidup, lumbung hidup, tanaman obat keluarga (toga), perikanan, peternakan, dan tanaman hias.

Pembukaan lomba digelar di rumah Kiswanto, ketua RT 01/RW 10 Tirtomoyo, dihadiri Sutarti Dwi Maryanto (TP PKK Kecamatan Tirtomoyo), Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Tirtomoyo Catur Susilo, tokoh masyarakat lingkungan.

KISWANTO, ketua RT 01/RW 10 sekaligus tokoh masyarakat Tirtomoyo.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars PKK, dengan sambutan pembukaan oleh Ketua TP PKK Desa Tirtomoyo Marsuti.

Ketua TP PKK Desa Tirtomoyo Marsuti menyampaikan selamat datang kepada tamu undangan dan peserta lomba, serta permohonan maaf atas segala kekurangan dalam penyelenggaraan lomba.

TIM dari TP PKK Kecamatan Tirtomoyo.

“Lomba ini tidak semata-mata untuk mencari juara. Namun lebih dari itu, bertujuan untuk menyiasati pengadaan pangan di musim pandemi. Semoga lomba semacam ini dapat dilaksanakan setiap tahun,” tuturnya.

Untuk menentukan kejuaraan, penilaian ditangani tim penilai dari TP PKK Kecamatan, dipimpin Yoyok, Sunarti, dan anggota lain, dengan kriteria penilaian meliputi bukan merupakan tanaman kawasan demplot, keanekaragaman jenis tanaman, pengelompokan jenis tanaman, pengelompokan jenis tanaman, kesuburan dan pemeliharaan tanaman, kebersihan, kesehatan, keindahan, keteduhan, serta adanya peternakan, perikanan, dan inovasi.

Setelah melalui penilaian tim juri, keluar sebagai Juara I TP PKK Desa Sukoharjo, Juara II TP PKK Desa Tanjungsari, dan Juara III TP PKK Desa Sendangmulyo.

baca juga:  Satpolairud Polres Tegal Kota Mengadakan Bhakti Sosial

Para pemenang berhak atas hadiah dari panitia lomba berupa piala, piagam, dan uang pembinaan.

Lomba berlangsung meriah. Peserta terlihat antusias menyuguhkan materi dengan cara, gaya, dan keunikan masing-masing, sesuai petunjuk pelaksanaan lomba.

Di sana-sini berkibar Bendera Merah Putih, umbul-umbul, gapura berhias aneka bentuk dan lukisan, didukung pagar warna-warni, serta tulisan slogan “Pemanfaatan Lahan Pekarangan dan Hatinya PKK Tingkat Kecamatan Tirtomoyo”.***

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *