Sembilan Desa Di Pati Dilanda Banjir

NEWS

Pati, Inspiradiline.com – Akibat hujan deras Kamis sore, sebagian wilayah Pati selatan di landa banjir. Informasi dari BPBD Pati Jumat pagi, sedikitnya sembilan desa di lima kevamataan terendam banjir dengan ketinggian air berkisar antara 30 -100 cm.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pati, Martinus Budi, mengatakan sembilan desa itu tersebar di lima kecamatan yakni Kecamatan Pucakwangi, Winong, Tambakromo, Gabus dan Kayen. Banjir terjadi setelah wilayah Pati diguyur hujan.

“Ini informasi awal yang kami terima dari lapangan, total lima kecamatan. Dihitung jumlah desanya, ada sembilan desa,” terang Martinus kepada media, Jumat, (26/11/2021)

Dia mengutarakan, di Kecamatan Pucakwangi ada tiga desa diterjang banjir. Yaitu, Sokopuluhan, Tanjungsekar dan Plosorejo. Di Tambakromo, ada Sinomwidodo, Angkatan Kidul dan Tambakromo. Kemudian di Kecamatan Winong ada mulai dari Gunungpanti ke bawah. Di Kayen, di Desa Kayen sendiri. Di Gabus itu yang satu arah dari Tambakromo.

“Rata-rata ketinggian air antara 30 sentimeter sampai satu meter. Air mulai menggenang sejak pukul 17.00 WIB Kamis sore kemarin. Sampai dengan berita ini ditulis, genangan air masih terus mengalami pergerakan,” terang Martinus.

Seperti di Dukuh Ngobongan, Desa Tanjungsekar, Pucakwangi, sampai 100 sentimeter. Variasinya ya antara 30 sampai 100 sentimeter.

“Karena derasnya air di daerah Kendeng. Sebabnya begitu, kalau awal musim hujan curahnya tinggi, saluran air tersumbat oleh sampah, sehingga air melimpas ke permukiman. Kalau intensitas hujan masih tinggi, bisa saja makin naik, semoga saja ini bisa turun,” lanjutnya.

Menurutnya, sejumlah daerah tersebut merupakan wilayah langganan banjir. Saat ini tim reaksi cepat (TRC) BPBD Pati telah terjun ke lokasi banjir.

“Kita asesmen awal dulu. Jika nantinya banjir kian meluap, kita akan koordinasikan untuk tindakan lebih lanjutnya. Semoga saja bisa surut, sehingga besok pagi kita akan lakukan pembersihan, termasuk untuk saluran airnya,” pungkas Martinus. (Yon Daryono)

baca juga:  Pengurus GOW Pereode 2021–2025 di Kukuhkan
Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *