TMMD Membantu Pemkab Blora dalam Pembangunan Sarpras di Desa Sasaran Penerima

NEWS

Penulis : Yokanan

Inspirasiline

Blora, Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati menyampaikan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) sangat membantu pemerintah Kab. Blora dalam pembangunan sarana dan prasarana di desa sasaran penerima.

Hal itu disampaikan Wabup sesaat setelah mengikuti Rapat Paripurna TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-42 Tahun 2021 dilaksanakan di Aula Makorem 0723/Makutarama Salatiga, Kamis (25/11/2021).

Menurut Wabup, TMMD ini merupakan salah satu program pembangunan yang langsung dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Apalagi di wilayah Kab. Blora program TMMD ini meringankan beban pemkab untuk membangun infrastruktur di desa.

“Dengan sinergitas yang baik antara Pemkab, TNI/Polri dan masyarakat dalam pelaksanaannya, kami berharap program TMMD dapat diteruskan dan kalau bisa ditambah volume pekerjaannya,” ucap Wabup.

Wakil Bupati Blora, Tri Yuli Setyowati, mewakili Bupati H. Arief Rohman, mengikuti rapat paripurna beserta Ketua DPRD H.M. Dasum, perwakilan Kodim 0721/Blora dan Bappeda bersama Komandan Korem 0723/Makutarama Salatiga Kolonel Arm. Putranto Gatot.

Selain dari Kabupaten Blora, rapat paripurna dihadiri pula oleh kabupaten pelaksana TMMD Reguler Tahun 2021 yaitu Kab. Jepara, Kab. Rembang dan Kab. Demak.

Rapat Paripurna dihelat secara hybrid dipimpin oleh Asisten Teritorial TNI Angkatan Darat dari Mabes TNI AD Jakarta untuk mengevaluasi pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Tahun 2021.

Diawali laporan pelaksanaan oleh Pati Bid Ren Pjo TMMD Mayjen TNI Nurchahyanto yang mengharapkan untuk kabupaten melaksanakan penganggaran sesuai dengan sasaran TMMD.

“Saya berharap kabupaten menyediakan alokasi anggaran untuk pelaksanaan TMMD dan programnya disesuaikan dengan kondisi sasaran TMMD. Semoga dengan semakin membaiknya kondisi pandemi, pelaksanaan TMMD semakin baik. Dan harapan saya koordinasi dan sinergitas dansatgas dengan pemkab berjalan dengan baik sehingga sasaran fisik dan non fisik TMMD dapat dirasakan oleh masyarakat,” harap Mayjen Nurchahyanto.

baca juga:  PPKM Darurat Kondusif, Masyarakat Semakin Patuh Prokes

Lebih lanjut disampaikan rencana pelaksanaan TMMD Tahun Anggaran 2022 yang mengambil tema “TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI” yang dilaksanakan dalam tiga kali pelaksanaan.

TMMD ke-113 dilaksanakan pada Minggu II Mei sampai dengan minggu II Juni 2022
TMMD ke-114 dilaksanakan pada Minggu IV Juli sampai dengan minggu IV Agustus 2022.

Berikutnya TMMD ke-115 dilaksanakan pada minggu II Oktober sampai dengan minggu II November 2022.

Selanjutnya disampaikan paparan oleh Direktur Kelembagaan dan Kerjasama Desa Kemendagri, Tb. Chaerul Dwi Sapta.

Ia menyampaikan agar pemerintah daerah mendukung pelaksanaan TMMD ini dengan memberikan dukungan anggaran dan perencanaan pembangunan melalui program TMMD yang berkelanjutan.

“Pada intinya, kami mendukung dan mengharapkan pelaksanaan TMMD ini terus berjalan. Pemerintah daerah diharapkan menganggarkan program TMMD dan bersinergi dengan TNI untuk pelaksanaannya,” katanya.

Agenda dilanjutkan dengan tanya jawab terkait pelaksanaan TMMD Tahun 2022 dan penyerahan hadiah lomba jurnalistik dalam rangkaian pelaksanaan TMMD Tahun Anggaran 2021.

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *