Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati Resmikan Puskesmas Karangmalang

NEWS

Sragen-Inspirasiline.com.

Gedung puskesmas Kecamatan Karangmalang, Kabupaten Sragen yang dibangun menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp4,8 miliar  Hari ini  Jum’at (14/1/2022)  diresmikan Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati

Informasi yang diterima Inspirasiline.com Puskesmas Kecamatan  Karangmalang, Kabupaten Sragen ini  menjadi puskesmas terbesar di Wilayah Bumi Sukowati sekaligus prototipe gedung dengan standar Kementerian Kesehatan (Kemenkes)

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Proyek Pembangunan Puskesmas Kecamatan  Karangmalang Nengah Adnyana Oka Manuaba, saat ditemui  Inspirasiline.com menjelaskan gedung Puskesmas Karangmalang paling besar di antara 25 puskesmas di Kabupaten Sragen.

Nengah Adnyana Oka Manuaba mengatakan, pembangunan gedung yang selesai pertengahan Desember 2021 itu diawasi langsung Kemenkes karena menjadi gedung percontohan standar Kemenkes, termasuk pelayanannya.

Gedung dua lantai ini luasnya mencapai 1.620 meter persegi. Begitu serah terima maka pelayanan yang semula menyewa gedung di Sekolah Menengah Atas ( SMA) Persatuan Guru Republik Indonesia ( PGRI) Karangmalang langsung pindah ke gedung baru,” Tuturnya

“Lantai I khusus untuk pelayanan dokter umum, poli gigi, pelayanan penyakit TBC, dan pelayanan lainnya. Sementara lantai II untuk kantor dan aula. Gedung ini paling besar dan paling bagus di Sragen,” Ungkap Nengah Adnyana oka Manuaba menambahkan.

Oka sapaan akrab Nengah Adnyana Oka Manuaba mengatakan, Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sragen fokus perbaikan kualitas sarana prasarana kesehatan, termasuk alat kesehatan, dan mutu pelayanan kesehatan. oka mengatakan setelah gedung dan prasarana baik maka mestinya tidak ada lagi keluhan pelayanan, sepertinya antrean penuh, ruang sempit, dan seterusnya.

“Puskesmas Karangmalang ini karena menjadi percontohan Kemenkes maka pada 2023 mendatang akan mendapat bantuan alat kesehatan ( alkes)” Ungkapnya menjelaskan

Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Sragen, Tugiyono, mengatakan peresmian puskesmas itu dibarengkan dengan peresmian gedung Balai Penyuluhan Keluarga Berencana (KB) Kecamatan Sragen Kota, peresmian Taman Tiara Sachari Sukowati, dan Jalan Pungkruk-Gambiran

baca juga:  Kendarai Motor Berbronjong Bhabinkamtibmas, Kapolres Bagikan Bansos

Peresmian dilakukan dengan kegiatan berolahraga sepeda santai. Tugiyono mengatakan, pembangunan gedung penyuluhan KB menelan dana Rp326 juta. Pembangunan Taman Tiara Sachari Sukowati menelan dana Rp686 juta dari APBD Sragen.

“Taman itu seluas 2.298 meter persegi. Taman dilengkapi sarana olahraga dan nyaman untuk bersantai. Taman menjadi upaya memenuhi ruang terbuka di areal perkotaan. Sementara untuk jalan Pungkruk-Gambiran sudah baik dengan peninggian 1 meter sehingga tidak banjir lagi,” Ungkap Tugiyono memperjelas ( Sugimin/17 )

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *