SMAN1 Grobogan Kembangkan Kelas Khusus Olahraga ( KKO), Banyak Siswa SMP Yang Berminat

NEWS

Grobogan-Inspirasiline.com. SMAN1 Grobogan yang terletak di jalan Pangeran Puger no 23 Kelurahan Grobogan, Grobogan saat ini patut dibanggakan sebab sekolah yang didirikankan pada 1975 ini hingga kini sudah meluluskan ribuan lulusan serta para lulusannya kini sudah ada yang menjadi pejabat sipil maupun militer serta usahawan, dan sudah banyak prestasi terukir dari SMA tersebut, baik dibidang olahraga, kesenian dan budaya maupun iptek.

Kini SMAN1 Grobogan membuat terobosan unik , tepatnya pada tahun 2020, SMAN1 Grobogan menelorkan sebuah kelas khusus yakni KKO ( kelas khusus olahraga). Demikian diungkapkan Kepala SMAN1 Grobogan Drs.H. Kusmono Hadi MSi di ruang kerjanya, Jumat (8/4/22).

Drs.H.Kusmono Hadi MSi, Kepala SMAN1 Grobogan Kabupaten Grobogan

Pak Kus, panggilan akrab sehari hari Kepala Sekolah itu menuturkan kala itu terbersit pikiran bagaimana bisa mencetak atlit berprestasi mengingat potensi atlit di Grobogan banyak bermunculan, karena sebelumnya pak Kus sudah melakukan “pengintaian khusus” para calon atlit dari SMP-SMP yang berlomba di ajang Popda baik di tingkat Kabupaten Grobogan maupun Propinsi Jawa Tengah. Dikatakannya, banyak siswa SMPN dan Swasta di kabupaten Grobogan yang ingin masuk menjadi siswa KKO SMAN1 Grobogan ini.

Singkat cerita, usai melakukan berbagai persiapan dengan dana seadanya, yang tentu saja sudah ada persetujuan atasannya, pada awal tahun ajaran 2020 dimulailah KKO itu dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa.”Kelas awal kami punya daya tampung hanya 36 siswa saja” ucap penghoby tennis meja itu.

Proposal Penambahan KKO kepada Gubernur Jateng

Sesuai berjalannya waktu hingga tahun ajaran 2021 lalu tambah siswa lagi sebanyak 36 siswa.Sehingga sampai saat ini SMAN1 Gribogan telah memiliki 2 KKO. Diwilayah kerja Cabang Dinas Pendidikan Wil IV Jateng yang membawahi Kabupaten Blora dan Grobogan, maka Sekolah dengan KKO, SMAN1 Grobogan merupakan satu satunya yang ada di wilayah kerja tersebut. Dengan keberadaan KKO tersebut jumlah kelas di SMAN1 Grobogan menjadi 27 kelas yakni kelas X 8 kelas,kelas XI 8 kelas, kelas XII sebanyak 9 kelas, kelas X KKO 1 kelas dan kelas XII 1 kelas, dengan total sisws sebsnyak 959 siswa. Sedangkan jumlah gurunya terdiri dari 33 orang PNS , 18 orang GTT dan 15 orang PTT. Terkait materi dan kurikulum mapel olahraga terdiri dari atketik, pencak silat, karate, taekwondo, tenis meja, gulat , yudo dan paralayang. ” Untuk mengelola ini kami tunjuk Ketua jurusan KKO selaku koordinator yakni Sutrisno SPd, M.Or” ucap.Kusmono Hadi. Untuk.lebih memantapkan keberadaan kelas khusus olahraga di Grobogan ini, Kusmono Hadi sedang mengajukan proposal penambahan kelas ke Gubernur Jateng.” Sampai saat ini kami masih menunggu jawaban Propinsi disetujui atau tidak” ucapnya optimis.

baca juga:  Operasi Terus Digalakkan, Masih Ada Masyarakat Abai Protokol Kesehatan

Sederetan piala kejuaraan olahraga memang terpajang banyak di almari bupet sekolah, yang mencerminkan prestasi yang begitu meriah yang telah diraih sekolah tersebut. Di kelas KKO pun juga sudah memberikan kontribusi bagi prestasi olahraga yang patut dibanggakan seperti juara I tk Kabupaten lempar lembing, tolak peluru, lompat tinggi, juara I PopDa Jateng dalam lomba lempar lembing, lompat tinggi, karate, lari 100 meter, juara III Propinsi Jateng dalam.lomba angkat besi dan masih banyak lagi sederetan prestasi olahraga lainnya, yang semuanya dihasilkan dari KKO SMAN1 Grobogan ini.

“Yang penting kami sudah berbuat demi prestasi olahraga calon atlit kita, adapun nantinya lulusan kami bisa diambil alih orang lain ..ya monggo, saya akan bangga bila siswa tersebut menjadi atlit yang terkenal” pungkas Kusmono Hadi. ( jokowi )

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *