Apresiasi Kolaborasi Pasar Krempyeng Dengan Pentas Kesenian Lokal, Bupati Pastikan Festival Barongan Akan Digelar Kembali

NEWS

Blora-Inspirasiline.com. Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP., M,Si bersama dengan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora Hj. Ainia Shalichah Arief Rohman menghabiskan akhir pekan dengan mengunjungi  Pasar Krempyeng di Kelurahan Karangboyo, Cepu, Blora pada Minggu (15/5/2022).

Pasar Krempyeng sendiri merupakan pasar yang diadakan seminggu sekali, yakni pada hari Minggu pagi. Berbagai produk UKM dijual di pasar ini, bahkan untuk jajanan mulai dari jajanan tradisional hingga modern  juga tersedia di sini.

Suasana pasar yang letaknya di tepi jalan tersebut nampak ramai, banyak masyarakat Cepu maupun dari berbagai daerah lainnya yang berbelanja di Pasar Krempyeng. Memperlihatkan aktivitas ekonomi masyarakat kembali bangkit.

Di Pasar tersebut, Bupati juga meninjau aktivitas jual-beli masyarakat sekaligus menyapa para pedagang yang merupakan warga Karangboyo.

Selain itu Bupati dan Ketua TP PKK juga membeli produk-produk milik para pedagang di pasar tersebut, mulai dari jajanan tradisional gethuk hingga aneka camilan.

Usai berbelanja, Bupati juga menyaksikan penampilan dari puluhan grup Barongan se-Kecamatan Cepu, yang diselenggarakan di Pasar Krempyeng. Adanya penampilan Barongan tersebut sekaligus menjadi daya tarik tersendiri bagi pasar tersebut.

Bupati Arief menyambut baik kreativitas yang ada di Pasar Krempyeng ini dalam menggerakan perekonomian masyarakat, terlebih dengan adanya festival barongan yang mampu menarik antusias masyarakat untuk datang.

“Ini ada festival barongan Pasar Krempyeng, ada 30 grup, luar biasa saya tidak menyangka kalau pasarnya rame banget nggih, ini merupakan sebuah kreativitas yang harus kita dukung masyarakat Cepu tiap minggu pagi ngumpul ten mriki,” Ungkap Bupati Arief.

Pihaknya juga mengapresiasi semua grup barongan, khususnya di Kecamatan Cepu yang telah ikut berpartisipasi menampilkan kesenian tersebut di Pasar Krempyeng.

baca juga:  Vaksinasi Covid-19 Sasar Pedagang Pasar Tradisional, Bupati Etik Suryani Pastikan Semua Dapat Giliran

Bupati juga merasa sangat senang dapat hadir menyaksikan penampilan festival Barongan tersebut. Kedepannya Ia juga ingin ada diadakan lomba kesenian Barongan di Cepu.

“Saya sampaikan apresiasi penghargaan setinggi tingginya kepada semua grup yang sudah berpartisipasi, nanti ya mungkin pak camat bisa diadakan di Cepu juga piala biar dinilai ada hadiahnya,” Jelasnya.

“Ini karena acaranya halal bihalal sekaligus meramaikan Pasar Krempyeng, pagi hari ini sangat senang karena ada festival barongan,” tambah Bupati.

Lanjutnnya, potensi barongan di Kabupaten Blora ini sudah dikenal luas, Ia pun juga berkeinginan agar nantinya ada lagi festival barongan.

“Kalau umpanya ada acara seperti ini, Insyaallah ramai, nanti grup-grup Barongan ini kita juga akan mimpi nanti akan ada festival lagi barongan tingkat nasional  nanti, insyaallah kita adakan di bulan Desember,” terang Bupati.

“Potensi barongan Blora ini luar biasa, bahkan sudah mendunia dan kita banyak yang menjuluki kabupaten Blora ini kota barongan,” imbuhnya.

Bupati mengungkapkan bahwa pihaknya akan mendukung kesenian Barongan termasuk adanya Pasar Krempyeng Cepu ini.

“Semoga Kecamatan Cepu akan semakin maju, semakin ramai, semakin dikunjungi orang, kita dukung kesenian Barongan termasuk yang  ada di Kecamatan Cepu, kita dukung juga Pasar Krempyeng yang setiap minggu sekali semoga bermanfaat untuk masyarakat,” Pungkasnya.

Sementara itu, Ardy Afandi, salah satu penggagas Pasar Krempyeng, menjelaskan bahwa munculnya pasar ini untuk membangkitkan kembali ekonomi masyarakat Karangboyo yang sebelumnya mengalami masa sulit saat pandemi.

“Awal pasar ini kita istilahnya di masa pandemi warga banyak keluhan perekonomian kita kumpulkan  di pasar krempyeng  karangboyo jadi untuk mengangkat perekonomian  di Karangboyo,”terang Ardy.

Dijelaskannya, setiap digelar, pasar tersebut selalu ramai dikunjungi masyarakat Cepu bahkan sekitarnya.

baca juga:  Pembangunan Gedung MPP Mencapai 30-40%

“Setiap minggunya perkiraan ada 500-600 pengunjung, kalau khusus hari ini luar biasa, pertama hanya 30 penjual sekarang sudah 67 penjual disini, khusus warga Karangboyo,” paparnya.

Ardy menjelaskan bahwa di pasar ini menjual berbagai macam barang, termasuk makanan mulai dari mulai jajanan tradisional sampai modern ada semua.

Lurah Karangboyo Cepu, Sumarji, menyampaikan rasa terima kasihnya atas kunjungan dari Bupati Blora di Pasar Krempyeng tersebut. Hal tersebut dapat menjadikan semangat dan memotivasi warganya, khususnya para pedagang untuk lebih maju.

“Terima kasih atas kunjungan pak bupati, ini sebagai inspirasi rekan-rekan penjual mudah-mudahan dapat lebih maju lagi,” Pungkasnya. (Tim Liputan Prokompim)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *