SMA Muhammadiyah 4 Banjarnegara Cetak Kader IPM Tangguh

NEWS

Banjarnegara-Inspirasiline.com. SMA Muhammadiyah 4 Banjarnegara menggelar kegiatan Pelatihan Kader Taruna Melati (PKD TM 1) menghadirkan fasilitator dari PD IPM (Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah) Banjarnegara. Kegiatan berlangsung selama 5 hari di Aula setempat.

Peserta pelatihan sangat antusias mengikuti PKD TM 1, terbukti kehadiran mereka di Kalibening, yakni lokasi SMA Muhammadiyah 4 Banjarnegara, mencapai 100 persen dari seluruh kader IPM se-Kalibening yaitu 338 orang.

Ketua panitia PKD TM 1 Dwi Ariyanti menyampaikan terimakasih kepada seluruh peserta, fasilitator, serta seluruh tamu undangan yang hadir serta SMA Muhammadiyah 4 Banjarnegara yang sudah mensupport jalannya kegiatan ini.

Suasana sidang ilmiah penyampaian materi di ruang pelatihan

Menurut nya, PKD TM 1  merupakan pelatihan untuk melatih kepribadian kader Muhammadiyah agar dapat meneruskan estafet kepemimpinan IPM dengan baik.

“Kegiatan ini juga menjadi momentum penting dalam upaya  pemberdayaan SDM, agar kader IPM nantinya dapat berjalan baik sesuai koridor kelembagaan”, tuturnya.

PKD TM 1 Kalibening digelar pada pertengahan bulan Juli 2022 ini selama 5 hari dengan agenda penyampaian materi dan diskusi interaktif.

Acara pembukaan PKD TM 1 dilaksanakan di halaman SMA Muhammadiyah 4 Banjarnegara dengan jumlah peserta mencapai 338. Mereka adalah yakni para kader IPM Kalibening yang juga peserta didik SMA Muhammadiyah 4 Banjarnegara.

Adapun PKD TM 1 kali ini mengusung tema Membangun intelektualitas siswa yang bertaqwa, jujur, kreatif, dan bertanggungjawab.

Penyerahan kembali peserta pelatihan kepada sekolah secara simbolis di halaman sekolah

“Tujuan dari PKD TM 1 ini selain untuk menunjukkan loyalitas kader terhadap persyarikatan, juga untuk menguatkan barisan dakwah IPM”, tutur Ipmawan Qowiyan Aziz Baktiaji selaku Ketua Umum Pimpinan Ranting IPM SMA Muhammadiyah 4 Banjarnegara.

Hadir dalam acara pembukaan tersebut, Kepala sekolah dan guru SMA Muhammadiyah 4 Banjarnegara, pengurus Ranting IPM Kalibening, pengurus PD IPM Banjarnegara, serta para pemateri diantaranya Sholikhin, Imam Arifin, dan Rizqi Mubarok.

baca juga:  Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Berpendapat Perlunya Mengaktifkan Kembali Jogo Tonggo dan Kampanye Pakai Masker

Sedangkan beberapa materi yang dipaparkan dalam 5 hari kegiatan adalah materi seputar pembangunan akhlak Kader IPM,  Teori kepemimpinan dan organisasi oleh Joko Prasetyo, Tursiti, dan Sulkhan.

Selanjutnya pemateri Ida Khamidah, Nikel Muhammad, dan Asih Hidayat dengan materi psikologi remaja, serta yang terakhir dari PD IPM Banjarnegara dengan materi seputar ke-IPM-an serta public speaking.

“Kegiatan berjalan lancar sampai dengan akhir acara, meski ada beberapa kendala seperti Sumber daya dan fasilitator yang terbatas, tetapi dapat teratasi dengan diskusi interaktif”, jelas  ipmawan Yafi Darma selalu Ketua Bidang Perkaderan PD IPM Banjarnegara.

Ia berharap semoga seluruh peserta mampu menerapkan ilmu yang telah didapat selama lima hari pelatihan pada kehidupan sehari-hari, khususnya di sekolah. Kemudian, lebih besar lagi semoga dengan adanya PKD TM 1 ini, kaderisasi IPM akan terus berjalan. (Mawar Ledya /Budhy HP)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *