SMPN1 Purwodadi Grobogan Terapkan Kurikulum Merdeka Melalui P5

NEWS

Grobogan, Inspirasiline.com. SMP Negeri 1 Purwodadi Grobogan Jateng hingga saat ini tetap menjadi sekolah favorit di masyarakat. Karena prestasi yang terukir siswanya lewat lomba baik akademis dan non akademis, sekolah ini selalu memperoleh kejuaraan baik di  tingkat Kabupaten Grobogan, tingkat  Provinsi Jawa Tengah, bahkan kejuaraan tingkat Nasional. Itulah yang menjadi tantangan tersendiri bagi Basuki Nugroho, SPd Kepsek SMPN 1 Purwodadi Grobogan yang baru 2 minggu menjabat.

“Prestasi prestasi yang pernah dicapainya tulah yang menjadi tantangan bagi saya, saya harus bisa berbuat untuk hal ini” ungkapnya kepada Inspirasiline di ruang kerjanya, Senin (1/8/22).

Basuki Nugroho, SPd Ka. SMPN 1 Purwodadi Grobogan

Ia mengaku akan melakukan segala upaya terukur guna meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi akademis dan non akademis siswa di tingkat Provinsi Jawa Tengah. “Target kami nanti siswa harus menang masuk ke nominasi Provinsi” ucap mantan Kepsek SMPN 1 Pulokulon dan  Kepsek SMPN 3 Kradenan itu. Kejuaraan nasional yang diperoleh SMPN1 Purwodadi Grobogan ini adalah juara nasional Sekolah Adhiwiyata yakni kejuaraan bergengsi bidang pelestarian lingkungan, sedangkan lomba gitar tunggal dan karate masuk kejuaraan Propinsi. Kedepan, sekolah ini akan diupayakan menjadi Sekolah Adhiwiyata Mandiri.

Dalam jangka pendek ini,  khusus siswa baru klas 7 sebanyak 352 anak,SMPN 1 Purwodadi Grobogan menerapkan kurikukum merdeka melalui P5 ( Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) yang melibatkan 3 orang guru penggerak dan 1 orang guru ptaktek. Sedangkan hasilnya dapat dilihat atau dipamerkan kepada khalayak pada display karnaval 17 an HUT Kemerdekaan RI yang rencana akan dilangsungkan pada 23 Agustus 2022 mendatang.

Kata Basuki, dalam P5 tadi, terkandung konsep Kebhinekaan dengan 4 topik yakni agama, teknologi, pendidikan, dan kebudayaan daerah. Selain tampilan hasil P5 dalam karnaval, juga akan di lakukan display atau pameran hasil karya siswa pada bazar bulan Oktober 2022 mendatang. “Yang ditampilkan semua hasil karya siswa SMPN 1 Purwodadi dengan kurikulum merdeka, dalam setahun ini kami laksanakan 3 proyek P5 ini” sambungnya.

baca juga:  Perahu Nelayan Menepi Sejenak

Hingga saat ini SMPN 1 Purwodadi Grobogan memiliki peserta didik total 1050 siswa dari klas 7 hingga 9, sedangkan untuk kelas 7 ada 11 kelas dengan jumlah siswa 352 anak.

“Yang jelas, sebelum mengakiri tugas saya pada 2025 mendatang, saya harus bisa memajukan SMPN 1 sebagaimana pendahulu kami”pungkas lelaki kelahiran 21 Oktober 1965 itu. ( jokowi)

Bagikan ke:

1 thought on “SMPN1 Purwodadi Grobogan Terapkan Kurikulum Merdeka Melalui P5

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *