Sembilan Parpol Di Kabupaten Sragen Diverifikasi KPU

NEWS

Sragen-Inspirasiline.com. Sembilan Partai Politik (Parpol) di Kabupaten Sragen di verifikasi faktual Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah supaya bisa mengikuti tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang. Pasalnya, Parpol tersebut tidak memiliki Perwakilan di Parlemen.

Ketua KPU Sragen Minarso menyampaikan, verifikasi faktual melihat langsung Domisili Kantor, Pengurus Parpol dan Pemenuhan Kuota Perempuan dalam Kepengurusan Parpol.

”Kami menyesuaikan data yang sudah masuk dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) KPU. Serta mencocokkan Surat Kepengurusan Parpol dengan Susunan Pengurus yang ada di dalamnya,” Ungkap Minarso Rabu (19/10/2022).

Setelah verifikasi faktual akan dilanjutkan verifikasi keanggotaan menyesuaikan jadwal yang sudah ditetapkan.

KPU mempersiapkan 26 personel dibagi dalam 13 Tim.

”Tetapi pelaksanaannya sesuai kerjaan dan agenda di Kantor. Biar kegiatan di Kantor tetap hidup,” Ungkapnya.

Minarso menjelaskan verifikasi faktual keanggotaan Parpol, KPU akan mendapat sampel acak keanggotaan Parpol untuk diverifikasi secara langsung. Setidaknya ditargetkan 2.594 sampling Anggota Parpol.

Jika Anggota Parpol tidak bisa ditemui, maka akan dikumpulkan di Kantor masing-masing untuk diverifikasi secara langsung,” Ungkapnya menambahkan.

Minarso menyatakan, proses verifikasi faktual Parpol dilakukan 15 Oktober hingga 4 November. Sejauh ini berjalan lancar dan tidak mengalami kendala.

”Kami berupaya mengantisipasi berbagai kendala yang muncul, sehingga proses verifikasi bisa berjalan lancar, terutama untuk verifikasi keanggotaan Parpol,” Ungkap Minarso menegaskan.

Minarso menambahkan, misalnya ada Parpol tidak memenuhi syarat, harus mencari Anggota baru. Parpol masih bisa menambal kekurangan dengan rentang waktu tertentu. (Sugimin/17)

Parpol yang Harus Verifikasi Faktual

1. PSI, 2.
Perindo, 3.
Partai Kebangkitan Nusantara, 4.
Partai Gelora Indonesia, 5
Partai Hanura, 6.
Partai Ummat, 7.
Partai Buruh, 8.
Partai Garuda dan 9.
Partai Bulan Bintang (PBB)
Sumber: KPU Sragen
Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *