Bupati Grobogan : KP3 Dibentuk Pemerintah Untuk Meminimalisir Penyimpangan Pupuk Bersubsidi

NEWS

Grobogan-Inspirasiline.com. Bupati Grobogan Hj. Sri Sumarni, SH., MM dalam Rapat Koordinasi dengan Komisi Pengawasan Pupuk Bersubsidi dan Pestisida (KP3) di Pendapa Grobogan, mengatakan dibentuknya KP3 sebagai wujud perhatian pemerintah terkait pengawasan terhadap penyediaan, alokasi, serta distribusi pupuk dari produsen hingga ke tangan petani sehingga petani di mudahkan mendapatkan pupuk bersubsidi sesuai dengan yang sudah mendapatkan Kartu Tani, Rabu (19/10/22)

Disebutkan, jelang musim tanam pertama ( MT I) kebutuhan pupuk bagi petani saat ini akan berdampak dengan banyaknya pupuk bersubsidi yang beredar di masyarakat yang di jual bebas, harus ada pengawasan guna mencegah agar tidak ada penyelewengan pupuk bersubsidi.

”Kita koordinasikan dengan semua pihak dalam pengawasan alokasi serta distribusi pupuk bersubsidi untuk meminimalisir praktik penyimpangan yang terjadi di lapangan,” ujar Bupati.

Bupati menambahkan, menyambut musim tanam 1 (MT-1), pihaknya meminta agar Dinas Pertanian menggerakkan para penyuluh di lapangan terkait pemupukan yang berimbang. Sebab, ada pengurangan jenis pupuk yang disubsidi pemerintah.

”Saat ini Pemerintah hanya memberikan pupuk bersubsidi jenis Urea dan NPK. Sementara ZA, SP-36 dan pupuk organik tidak lagi menjadi pupuk yang mendapatkan subsidi harga. Kondisi seperti ini tentunya akan berdampak langsung pada pemupukan pada Musim Tanam ke 1( MT-1),” ujar Bupati

Bupati juga meminta agar alokasi pupuk bersubsidi sesuai dengan kebutuhan, meskipun ada pengurungan jenis pupuk yang disubsidi.

Di kesempatan itu juga terungkap penggunaan Kartu Tani di Kabupaten Grobogan tergolong rendah. Sebab, meski kebijakan sudah berlangsung lama, namun baru 50 persen atau separuh petani yang menggunakannya.

Berdasarkan data yang dipaparkan dalam rakor tersebut, Kabupaten Grobogan termasuk menjadi wilayah terendah di antara empat Kabupaten sekitar. Empat kabupaten tersebut yakni Blora, Pati, Demak, dan Grobogan. (Jkwi)

Bagikan ke:
baca juga:  Dukung Percepatan KLA, APSAI Sragen Dibentuk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *