BPBD Jawa Tengah Tinjau Kondisi Tanah Gerak Di Rembang

NEWS

Rembang-Inspirasiline.com. Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jateng, Kamis (29/12) meninjau bencana rumah ambles akibat tanah gerak di Dukuh Grajen, Desa Sumberjo Rembang Kota. Didampingi jajaran BPBD Rembang, mereka meninjau lokasi bencana.

Belasan rumah di Grajen, Sumberjo, terdampak tanah gerak yang terjadi pada November 2022. Tiga rumah terpaksa dirobohkan karena kondisinya yang parah, sementara penghuninya telah tinggal di hunian sementara yang dibuat oleh Bank Jateng.

BPBD Jateng yang dipimpin Kabid Penanganan Darurat Dikki Rulli Perkasa juga menyusuri bantaran sungai lokasi retakan terjadi. Selain itu mereka juga mendatangi warga yang rumahnya terdampak tanah gerak, dimana kondisinya ada yang miring, retak dan ada yang tengah membersihkan bongkahan bata rumah yang memang sengaja dirobohkan demi keamanan.

Usai melihat retakan dan dampaknya terhadap rumah, kepada awak media Dikki menuturkan atas laporan dari Pemkab Rembang, pihaknya melakukan peninjauan ke lapangan. Menurutnya tanah gerak di Grajen perlu penanganan khusus.

“Kami akan mengajak teman- teman Geologi dari ESDM (Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral) karena mereka yang mengerti terkait teknisnya. Kemudian BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) apakah ini merupakan dampak dari sungai Karanggeneng atau bagaimana,” unkap Dikki.

Sementara itu Kades Sumberjo Slamet Rahayu berharap ada kebijakan relokasi, mengingat sebagian rumah sudah tidak aman untuk ditinggali.

“Saya yakin, warga tidak keberatan direlokasi,” tutur Slamet seraya menambahkan, ada 2 rumah yang roboh, dan 1 rumah ambles. Selain itu ada lagi di bantaran sungai karanggeneng ambles dan retak, ada rumah yang miring dan ada yang sengaja dirobohkan demi keamanan.

Selain di dukuh Grajen , longsor juga terjadi di wilayah dukuh Kedungombo sebelah barat bantaran sungai Karanggeneng. Tanah turun 4 meter sepanjang 100 meter dan ada 3 tiga rumah yang terdampak. (Yon Daryono)

Bagikan ke:
baca juga:  Dandim 0725/Sragen serahkan hasil TMMD Sengkuyung tahap III kepada Bupati Sragen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *