Ketua DPRD Kendal Barharap, Paralegal Ini Nantinya Bisa Memberikan Perlindungan Hukum Terhadap Masyarakat

NEWS

Kendal-Inspirasiline.com. Lembaga Bantuan Hukum Putra Nusantara Kendal menggelar Pendidikan  dan Pelatihan Paralegal, pada Sabtu (18/2/2023) di Gedung Paripurna DPRD Kabupaten Kendal.

Ketua DPRD Kendal Muhammad Makmun mengatakan, Negara Indonesia adalah negara hukum, berbagai produk hukum berada di mana-mana. Di desa ada Peraturan Desa, Peraturan Daerah dan seterusnya.

“Sebagai warga yang baik kita wajib mentaati produk hukum yang ada,” kata Makmun.

Politisi Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, membuka Pendidikan dan Pelatihan 30 peserta  Paralegal  yang diselenggarakan Bantuan Hukum Putra Nusantara Kendal di Gedung Paripurna DPRD Kendal.

Dikatakan, peserta yang ikut kegiatan ini harus serius mengikutinya sehingga pengetahuan hukum yang di berikan nara sumber bisa diterima dengan baik.

“Kedepan bisa membantu masyarakat yang tersangkut masalah hukum, terutama warga kurang mampu sehingga merasakan keadilan kaitannya dengan hukum,”harap Ketua DPRD Kendal Makmun.

Ketua LBH Putra Nusantara Saroji, SH., MH mengatakan, Paralegal adalah petugas yang mengetahui masalah hukum tapi cara penyelesaian tidak sampai di pengadilan. Kalau di pengadilan wewenangnya pengacara.

“Kegiatan selama tiga hari, nanti yang hari ke dua dan ke tiga dilakasanakan di Hotel Sae in Kendal. Peserta ada 30 orang dari berbagai kalangan, ada dari Kepala desa, Sekdes dan umum,”kata Saroji.

Dikatakannya, Diklat bagi Paralegal dengan mengambil tema “Memperkuat Eksistensi Paralegal Dalam Membangun Kesadaran dan Keadilan Hukum Semuanya”. Mereka berlatar pendidikan bebas tidak harus sarjana hukum.

Saroji menjelaskan, kegiatan ini bekerja sama dengan Kemenkumham RI, ini bertujuan untuk lebih meningkatkan kapasitas paralegal untuk memberikan bantuan hukum agar dapat membantu masyarakat. Maka dari itu paralegal harus diberikan pendidikan.

“Nantinya Paralegal bisa menyelesaikan kasus hukum tanpa harus sampai ke pengadilan, kalau di pengadilan harus Pengacara. Paralegal itu hampir setingkat dengan pengacara tinggal selangkah lagi bisa jadi pengacara,” kata Saroji.

baca juga:  Waspadai Omicron, Kapolda Minta Masyarakat Tetap Jaga Prokes Saat Nataru

Karena saat ini di desa banyak permasalahan kaitannya dengan hukum. Untuk menyelesaikannya diperlukan orang mengetahui permasalah hukum. Disinilah peran Paralegal bisa di manfaatkan untuk menyelesaikannya.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekretaris Disdikbud Dwi Cahyo mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh LBH Putra Nusantara, diharapkan kedepan Paralegal bisa membatu masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan hukum.

“Paralegal bisa membantu masyarakat kurang mampu yang terbentur masalah hukum,” kata Dico. (Eko)

Bagikan ke:

2 thoughts on “Ketua DPRD Kendal Barharap, Paralegal Ini Nantinya Bisa Memberikan Perlindungan Hukum Terhadap Masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *