Pembangunan Fisik Tol Demak-Tuban Di Rencanakan Tahun 2024

NEWS

Rembang-Inspirasiline.com. Pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) akan membangun jalan tol Demak-Tuban.

Tol sepanjang 176.99 kilometer itu akan melintasi Provinsi Jateng dan Jatim, di lima Kabupaten yakni Kabupaten Demak, Kudus, Pati, Rembang dan Tuban (Jatim).

Kabar terbaru pembangunan jalan tol Demak-Tuban kembali mencuat saat peresmian jalan tol Semarang-Demak oleh Presiden Jokowi Sabtu (25/2/2023).

Pasalnya, tol Semarang-Demak nantinya akan tersambung dengan tol Demak-Tuban.

Ruas terpanjang ruaal tol Demak-Tuban berada di Kabupaten Tuban (Jatim) yakni sepanjang 53,8 kilometer.

Disusul kemudian Rembang sepanjang 48,1 kilometer, Pati 34,69 kilometer, Demak 19,5 kilometer dan Kudus, 15,8 kilometer.

Di Kabupaten Demak, ruas jalan tol akan melintasi 18 desa di 4 Kecamatan, Kudus 9 desa di 3 Kecamatan, Pati sebanyak 39 desa di 9 Kecamatan dan di Rembang 37 desa di 8 Kecamatan.

Sosialisasi rencana pembangunan jalan tersebut sudah beberapa kali dilakukan dan akan dilanjutkan lagi.

Dari sosialisasi tersebut muncul sejumlah masukan, saran dan pendapat yang diusulkan pemerintah daerah maupun masyarakat. Usulan tersebut terkait dengan rute jalan tol Demak – Tuban. Sehingga rute yang sudah direncanakan sebelumnya masih bisa berubah.

Nantinya, pemerintah akan melakukan penetapan lokasi (Penlok) setelah mempertimbangkan usulan yang masuk. Setelah Penlok selesai, dilanjutkan dengan pembebasan lahan.

Berikut ini daftar desa di Kabupaten Demak, Kudus, Pati, Tembang  dan Tuban yang akan dilintasi ruas jalan tol Demak-Tuban  berdasarkan rencana awal.

Kabupaten Demak (4 Kecamatan 18 Desa), Kecamatan Demak : Desa Sedo dan Desa Bolo.  Kecamatan Gajah : Desa Boyolali, Desa Gajah dan Desa Sari.

Kemudian Kecamatan Karanganyar: Desa Cangkring Rembang, Desa Karanganyar, Desa Ketanjung, Desa Ngemplik Wetan.

Kudus 3 Kecamatan dan 9 desa. Kecamatan Undaan terdiri, Desa Undaan Lor dan Desa Wonorejo. Kecamatan Wonosalam : Desa Botorejo, Desa Kuncir, Desa Mranak, Desa Mrisen, Desa Sidomulyo dan Desa Trengguli.

baca juga:  Atasi Banjir, FPKB Minta Walikota-Bupati Semarang Bertemu

Kecamatan Jekulo: Desa Bulung kulon, Bulungcangkring, Sadang Kecamatan Mejobo: Desa Jojo, Kesambi, Temulus Kecamatan Undaan: Desa Karangrowo, Ngemplak, Undaan Lor Wates.

Kabupaten Pati (9 Kecamatan 39 Desa). Kecamatan Sukolilo: Desa Wotan, Kecamatan Kayen: Desa Talun.

Kemudian Kecamatan Gabus: Desa Babalan, Banjarsari, Gebang, Gempolsari, Karaban, Korpandriyo, Pantirejo, Penanggungan, Plumbungan, Soko, Sunggingwarno, Tanjang, Tlogoayu, Wuwur. Kecamatan Pati : Gajahmati.

Kecamatan Jakenan: Desa Jakenan, Jatisari, Karangrejo Lor, Mantingan Tengah dan Desa Sidomulyo. Kecamatan Winong: Desa Karangkonang, Kebowan, Klecoregonang, Mintorahayu, Sarimulyo, Tanggel, Tawangrejo daan Desa Winong.

Kecamatan Pucakwangi: Grogolsari, Karangrejo, dan Plosorejo. Kecamatan Jaken: Desa Kebonturi, Mojoluhur, Sriwedari, Sumberarum Kecamatan Batangan: Desa Kuniran dan Sukoagung.

Kabupaten Rembang (8 Kecamatan 37 Desa). Kecamatan Sumber: Desa Bogorejo.

Kecamatan Kaliori: Desa Meteseh, Wiroto, Sidomulyo, Banggi, Pengkol, Kuangsan, Gunungsari dan Desa Sendangagung.

Kecamatan Rembang Kota: Desa Ngadem, Mondoteko, Kedungrejo, Turusgede, Kumendung, Sridadi. Kecamatan Sulang : Desa Pragu Kecamatan Pamotan : Desa Ketangi, Sendangagung, Gegersimo, Japerejo, Ringin, Sidorejo, Pamotan, Tegalrejo dan Bangunrejo.

Kecamatan Pancur: Desa Japeledok. Kecamatan Sedan: Desa Pacing, Karas, Sidomulyo, Sidorejo dan Desa Karangasem.

Kecamatan Sarang: Desa Gilis, Pelang, Lambangan, Bonjor, Sampung dan Desa Tawangrejo. (yon daryono)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *