HIPMI dan Tim Abdul Kadir Karding (AKK) Temanggung Gelar Seminar Peluang Usaha Industri Produk Berbahan Baku Limbah

NEWS

Temanggung-Inspirasiline.com. Anggota DPR RI Komisi VII Abdul Kadir Karding hadir di Temanggung Jawa Tengah untuk membuka Seminar Peluang Usaha Industri bagi masyarakat dan UMKM. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Babussalam di Lingkungan INISNU Temanggung, Senin 15 Mei 2023.

Sejumlah 140  peserta Seminar Peluang Usaha Industri Produk Berbahan Baku Limbah di Kabupaten Temanggung, mengikuti  pembelajaran selama 1 hari. Mereka datang dari berbagai latar belakang usaha kecil yang ditekuninya.

Suasana keakraban Abdul Kadir Karding dengan Tim AKK dan HIPMI Kabupaten Temanggung usai pembukaan Seminar.

 Materi Seminar sangat dibutuhkan bagi para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) karena aplikasinya merupakan salah satu kegiatan dari Program Penumbuhan dan Pengembangan Kewirausahaan.

Antasari Putra dari Kementrian Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyampaikan, pemerintah berkomitmen untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dengan memperkuat sektor industri di Indonesia. Salah satu langkah strategisnya adalah menyediakan sumber daya manusia (SDM) atau tenaga kerja industri yang adaptif terhadap perkembangan teknologi terkini.

Peserta Seminar sejumlah 140 mengikuti serangkaian acara pembukaan dilanjutkan penyampaian materi sesuai silabus.

Salah satunya melalui Seminar Peluang Usaha Industri dengan bahan baku limbah, seperti yang dilaksanakan di Temanggung.

Pengembangan Wirausaha Baru Industri Kecil dan Menengah (IKM) dari Direktorat

Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka Kementerian Perindustrian yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian.

Antasari Putra (kiri berbaju batik) dari Kemenperin, Agus Sarwono dan pejabat sejawatnya ketika mengikuti acara pembukaan Seminar.

Kegiatan Seminar Peluang Usaha Industri Produk Berbahan Baku Limbah di

Kabupaten Temanggung dilaksanakan oleh pihak ketiga sebagai penyelenggara.

Di Temanggung pelaksanaannya dikoordinasikan oleh Tim Abdul Kadir Karding (AKK) bersama Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Dan UMKM Kabupaten Temanggung.

Materi seminar terdiri dari Kewirausahan, Akses Permodalan/Pembiayaan (KUR),   Perizinan Berusaha, dan Peluang Usaha Industri Produk Berbahan Baku Limbah

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Dan UMKM Kabupaten Temanggung Agus Sarwono mengatakan,

sampah merupakan permasalahan tiap rumah tangga dan juga permasalahan semua orang. Di Temanggung volume sampah cukup banyak sehingga sampah haruslah menjadi tanggung jawab semua orang dan dapat menjadi peluang usaha Industri berbahan baku limbah.

“Dengan diselenggarakan seminar Peluang  Usaha Industri bagi penggiat IKM yang berkesempatan hadir, dapat bermanfaat dalam meningkatkan kreativitas  untuk mengelola limbah, utamanya sampah diolah menjadi sumber ekonomi”, tandas Agus Sarwono.

Sementara itu Abdul Kadir Karding menandaskan, Tim AKK akan memfasilitasi koordinasi dengan Dinas terkait, bekerjasama dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Temanggung, menyiapkan hotel untuk menginap para peserta agar lebih fokus mengikuti Seminar. (Budhy HP)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *