Semarak ICTOH ke 8 Hari ke 3 : Para Kepala Daerah Di Indonesia Sudah Tindaklanjuti Regulasi Kawasan Tanpa Rokok Sebagai Bentuk Kepedulian Generasi Mendatang Bebas Adiksi Nikotin

NEWS

Magelang-Inspirasiline.com. Indonesian Conference on Tobacco or Health (ICTOH) ke-8  hari ini memasuki hari ke 2  dengan acara pembukaan yang dimeriahkan dengan tari Topeng Ireng Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) Hotel Puri Asri Magelang Jawa Tengah, Selasa 30 Mei 2023.

Hadir dalam kegiatan tersebut Walikota Magelang, Rektor UNIMMA,  MTCC UNIMMA, dr. Sumarjati Arjoso, SKM Ketua Tobacco Control Support Center Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (TCSC – IAKMI), Dr. Tara Singh Bam Regional Director, The Union Asia Pacific, dan juga secara online menyampaikan Welcome Remarks Dr. Hermawan Saputra, SKM., MARS Ketua Umum PP IAKMI, Dr. Lubna Bhatti dari Noncommunicable Diseases and Healthier Population, WHO Indonesia.

Suasana kegiatan ICTOH ke 8 di Hotel Puri Asri Magelang

Ratusan peserta dari  akademisi, peneliti, LSM, organisasi pemuda, media, dan jaringan pengendalian tembakau seluruh Indonesia hadir secara offline dan lebih dari 500 peserta mengikuti secara online.

ICTOCH ke 8 dengan seluruh  rangkaian acaranya berjalan dengan lancar  di Prambanan Convention Hall Puri Asri Magelang, Jawa Tengah. Dimulai kegiatan Youth Forum dengan mengangkat tema “We Need Nutrition, Not Tobacco”.

Pemerintah Kota Magelang bersama UNIMMA sebagai tuan rumah ICTOCH ke 8 menyambut gembira dengan penuh apresiasi atas penyelenggaraan kegiatan bertajuk pengendalian rokok menuju Kawasan Tanpa Rokok (KTR)
Rektor UNIMMA Dr. Lilik Andriyani, SE., M.Si. dalam sambutannya pada opening statemen menyampaikan, selama 6 sampai 7 tahun pelaksanaan ICTOCH  sudah memiliki dampak nasional terhadap regulasi di daerah di Indonesia.

Ruang pertemuan lengkap dengan layar lebar untuk mengakses pembicara maupun Peserta yang hadir secara online

“Tercatat sedikitnya 34 Daerah di Indonesia baik kota maupun kabupaten, telah menindaklanjuti ICTOCH dengan penerbitan regulasi pengendalian tembakau, baik berupa Peraturan Daerah, Peraturan Walikota, maupun bentuk kebijakan lainnya”, papar Lilik Andriyani.

Walikota Magelang dr. H. Muchamad Nur Aziz, Sp.PD., K-GH., FINASIM. dalam sambutannya menegaskan, Kota Magelang sudah memulai kampanye pengendalian rokok, baik dimulai dari dalam, internal keluarga, kantor dan lembaga, maupun secara eksternal.

baca juga:  Akibat Kecelakaan Kapolsek Geyer Grobogan Meninggal Dunia

“Alhamdulillah iklan rokok di Kota Magelang berhasil ditutup selama ICTOCH berlangsung, dan prosesi regulasi pengendalian rokok di Magelang belum selesai, dan prosesnya masih berlangsung”, tandasnya.

Beberapa pesan kunci juga disampaikan dalam forum tersebut diantaranya dari Petani Mendukung Pengendalian Tembakau oleh Istanto Ketua Forum Tani Multikultur Indonesia. Pesan kunci Kita Membutuhkan Makanan Bukan Tembakau oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC., CLU. yang disampaikan secara online.

Agenda kegiatan dilanjutkan dengan Plenary 1 dan seterusnya terkait tema Pengendalian Tembakau di Indonesia dengan moderator dr. Sumarjati Arjoso, SKM.

Seperti diketahui,  Indonesian Conference on Tobacco or Health (ICTOH) adalah konferensi nasional di bidang pengendalian tembakau yang diadakan sejak tahun 2014. ICTOH rutin diselenggarakan setiap tahun mengangkat tema yang selaras dengan World No Tobacco.

Berdasarkan data Global Youth Tobacco Survey Indonesia 2019, ada 19,2 persen siswa, lalu 35,6 persen anak laki-laki, dan 3,5 persen anak perempuan saat ini menggunakan produk tembakau baik elektronik maupun konvensional.
Data yang sama juga menemukan 18,8 persen siswa, 35,5 persen anak laki-laki, dan 2,9 persen anak perempuan saat ini merokok; masih ada 19,2 persen siswa, 38,3 persen anak laki-laki, dan 2,4 persen anak perempuan saat ini merokok konvensional. Sisanya ada 1,0 persen siswa, 1,4 persen anak laki-laki, dan 0,7 persen anak perempuan saat ini menggunakan produk tembakau lainnya.

Temuan tersebut menegaskan bahwa Gerakan Kaum Muda memainkan peran penting dalam upaya pengendalian zat adiktif berupa produk tembakau diantaranya melalui Youth Declaration (deklarasi anak muda) pada sesi opening ICTOCH di Magelang Jawa Tengah. (Budhy HP)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *