Dari Kirab Budaya Nusantara ; Penonton Terpikat Penampilan Sintren Kontemporer Dari Tegal

NEWS

Tegal-Inspirasiline.com. Kota Tegal menampilkan kesenian tari sintren kontemporer di acara Kirab Budaya Nusantara yang merupakan rangkaian dari Rapat Kerja Nasional (Rakernas) X Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) tahun 2023 di Kawasan Kota Lama Semarang, Jawa Tengah, Rabu (23/8/2023) malam.

Sebelumnya Tari Sintren kontemporer ini juga ditampilkan di Pentas Seni Budaya yang berlangsung di Polder Tawang, Selasa (22/8/2023) malam.

Dengan start di depan Gedung Weeskamer dan finish di depan Hotel Metro.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal, Sri Hartati yang turut mendampingi peserta Kirab Budaya Nusantara menyampaikan bahwa Tari Sintren kontemporer yang dibawakan oleh delegasi Kota Tegal merupakan Tari Sintren asli Tegal Pesisir.

“Kalau sintren biasa secara aslinya tidak seperti ini tapi kita membuat kontemporer tari sintren, yang asli Tegal Pesisir,” ujar Sri Hartati.

Dikatakan Sri Hartati bahwa peserta Tari Sintren kontemporer yang mengikuti Kirab Budaya Nusantara berasal dari perwakilan sebanyak 30 pelajar SMA dan mahasiswa di Kota Tegal yang dilatih oleh Lili dari Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.

Sri Hartati mengungkapkan bahwa Tari Sintren kontemporer ini sudah sering ditampilkan di acara promosi budaya yang ada di masyarakat maupun sekolah.

Pembukaan Kirab Budaya Nusantara ini dibuka oleh Sekda Provinsi Jawa Tengah bersama Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, Ketua Presidium JKPI yang juga Wali Kota Palembang Harnojoyo, dengan memukul alat musik tradisional kenong bersama-sama.

Pergelaran Kirab Budaya Nusantara ini merupakan salah satu bagian dari serangkaian acara Rakernas X JKPI di Kota Lama pada tanggal 22-26 Agustus 2023. Rakernas X JKPI diikuti 73 kota dan Kabupaten dan 11 Kota dan Kabupaten peninjau dengan mengambil tema “Pesona Pusaka sebagai Warisan Budaya Indonesia sebagai Pengikat Keberagaman Budaya dalam Bingkai Nusantara”. (Biet)

Bagikan ke:
baca juga:  Jadi Bahan Perbincangan, Truk Tangki Air Tabrak Rumah Warga Gemolong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *