Perluas Cakupan Pelayanan Air Bersih, Pemkab Sragen Terima Penghargaan Dari Kemendagri

NEWS

Sragen-Inspirasiline.com. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen menerima Penghargaan Kategori Pemerintah Daerah (Pemda)Terbaik berdasarkan Dukungan Dana Daerah melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD)/RKAP dalam Kerangka Program Air Minum Perkotaan National Urban Water Supply Project (NUWSP) Tahun 2023.

Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtonegoro Sragen Hanindyo Heru Prayitno hadir menerima secara Simbolis Penghargaan tersebut pada Acara Lokakarya Praktik Baik Peningkatan Kapasitas Pemerintah Daerah dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Air Minum yang diinisiasi oleh Bina Bangda Kemendagri yang di Gelar di Whyndam Hotel Surabaya, Rabu (25/10/2023).

Ditemui terpisah disela-sela kegiatan Rangkaian Kegiatan Peresmian Bantuan Air Bersih bagi Warga Masyarakat yang terdampak Kekeringan di Wilayah Kecamatan Sumberlawang, Hanindyo mengapresiasi Penghargaan yang telah diberikan kepada Kabupaten Sragen.

Menurutnya Prestasi membanggakan itu diberikan sebagai Wujud dukungan Pemerintah Daerah dalam Pemenuhan Kebutuhan Air Minum khususnya di Wilayah Kecamatan Tangen dan Jenar yang saat itu masih belum ada Pemasangan Jaringan Air.

Pembangunan Penyediaan Air Minum bekerjasama dengan Program NUWPS melalui Pembuatan Jaringan Perpipaan yang dikelola oleh PDAM untuk Daerah-Daerah Kekeringan Ekstrim.

Kegiatan Infrastruktur dibangun selain melalui Bantuan Dana NUWSP, PDAM Tirtonegoro, Dana Daerah (APBD), APBN, Pinjaman Perbankan (Bank Jateng) serta Bantuan dari Oasen Belanda sehingga mendorong terbangunnya Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Jenar-Tangen.

Ia menyebutkan NUWSP menyediakan Bantuan Dana Senilai Rp 2,03 Milyar atau 30% setara dari Nilai Investasi Bank Jateng dengan Nilai Pinjaman sebesar Rp 6,8 Milyar yang digunakan untuk Pembuatan Jaringan Perpipaan Sepanjang 13 Km.

“Waktu itu kami memilih Wilayah Tangen dan Jenar karena saat itu Wilayah tersebut belum ada Jaringan PDAM-nya. Tangen dan Jenar menjadi Wilayah ke 18 dan 19 dalam memperoleh Layanan Air dari PDAM Sragen dengan Panjang Jaringan Pipa sepanjang  25 Km yang membutuhkan Fasilitas Resevoir dan Pengolahan.” Terangnya.

baca juga:  Diberlakukan Hari Ini, Masyarakat Patuhi “Grobogan Sehari di Rumah Saja”

Ia menguraikan jika Kemendagri dan NUWSP menilai Pemkab Sragen berkomitmen untuk mendukung dari Sisi Pendanaan Daerah mencapai lebih dari 300% dari Rencana awal yang hanya Rp 1,1 Milyar dengan Realisasi dukungan Dana sebesar Rp 4 Milyar.

“Selain di Support dari Sisi Komitmen Pendanaan yang baik, Penilaian juga meliputi Proyek yang dikerjakan secara On Schedule (Tepat Waktu-red) dan kemanfaatannya dirasakan oleh masyarakat. Target Program NUWSP diharapkan mendapat 1600 Sambungan Rumah Baru (SR). Hingga saat ini kami sudah menyelesaikan 1.450 Sambungan dan Sisanya 100-an Sambungan akan selesai pada Pertengahan November. Target tersebut harus selesai dalam bulan Desember mendatang.” Tambahnya.

Dengan Capaian ini Ia mengatakan akan mendapatkan Reward berupa Pembangunan Infrastruktur Jaringan Pipa Sepanjang 3,3 Km di Wilayah Tangen dan Jenar.  (Sugimin/17-Release Diskominfo Sragen)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *