Capaian PBB Lampaui Target, Bupati Sragen Apresiasi Tim Petugas Pemungut PBB

NEWS

Sragen-Inspirasiline.com. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen Menyampaikan Terima Kasih dan Apresiasi Kepada Para Petugas Pemungut Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Kecamatan, Desa yang telah meningkatkan Capaian Penerimaan PBB Tahun 2023.

Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati Menyampaikan Hal tersebut dalam Kegiatan Undian Lunas PBB Tahun 2023 Kamis (29/11/2023) di Ndayu Park.

Apresiasi disampaikan Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati Kepada Para Bayan yang telah Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah melebihi Target (PAD) sehingga ada Lima Desa yang membayar PBB 100% Tercepat Se-eks Kawedanan Sragen.

“Hari ini merupakan Kali kedua Kita Mengadakan Undian Lunas PBB tahun 2023 di Eks Kawedanan Sragen. Harapannya PAD semakin Meningkat, Kembali Ke Masyarakat sehingga Masyarakat terlayani dengan baik. Semoga Sragen lebih Maju dan Sejahtera.” Ungkap Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati.

Lima Desa yang telah melunasi PBB tercepat di Eks Kawedanan Sragen  mendapat Hadiah Bantuan Keuangan Khusus dari Pemerintah Kabupaten Sragen Berupa Dana Senilai Rp 100 Juta pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Anggaran Perubahan 2024. Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati Mengharapkan Hadiah yang diterima bisa dimanfaatkan untuk Membangun Desa.

Ke-Lima Desa tersebut yakni Desa Tenggak Kecamatan Sidoharjo, Desa Wonorejo Kecamatan Kedawung, Desa Pandak Kecamatan Sidoharjo, Desa Patihan Kecamatan Sidoharjo, Desa Jurangjero Kecamatan Karangmalang.

Sementara Kepala BPKPD Kabupaten Sragen Dwiyanto Mengatakan Capaian Penerimaan PBB Tahun 2023 telah Melampaui Target yakni Rp 38 Milyar dari Target yang telah Ditetapkan yakni Rp 35,5 Milyar.

Secara Keseluruhan 10 Jenis Pajak yang Menjadi Kewenangan Pemda Sragen Capaian Penerimaannya juga telah melampaui dari Target yang telah ditetapkan yakni 107% atau sebesar Rp 131 Miliyar dari Target Penerimaan Sebesar Rp 121,5 Milyar.

baca juga:  Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati : Belum Ada Temuan Kasus Covid-19, Varian Omicron

Kemudian Anggaran APBD (Dana Transfer) yang diberikan ke Desa baik ADD maupun DD sebesar Rp 2,3 Triliun (15%) Transfer Ke Desa.

“Dari Tahun Ketahun Dana Transfer Ke Desa meningkat. Mulai dari DD, ADD dan Dana Bagi Hasil (DBH) untuk yang Lunas PBB. Bagi yang belum Lunas Piutangnya masih kami Tahan. Masih ada waktu untuk Melunasi.” Ungkapnya.

Berbeda dengan Tahun sebelumnya, Undian Lunas PBB Tahun 2023 diselenggarakan di Objek-Objek Wisata Kabupaten Sragen. Undian Lunas PBB Periode Pertama sudah terlaksana pada 22 November di Gunung Kemukus Sumberlawang.

Periode Kedua di Objek Wisata Ndayu Park (29/11/2023), Ketiga Besok Pagi di Bayanan (30/11/2023) dan Terakhir (5/12/2023) di Objek Wisata baru Milik Bumdes Desa Dukuh Kecamatan Tangen.

Pada Kesempatan tersebut dilaksanakan pula Penandatanganan Kesepakatan bersama antara Bupati Sragen, Kantor Pertanahan Kabupaten Sragen Tentang Pemanfaatan Data Pertanahan dan Data Perpajakan Daerah.

Kemudian Penandatanganan Nota Kerjasama antara Kepala Kantor Kementrian Agama dengan Kantor Pertanahan Kabupaten Sragen Tentang Percepatan Sertifikasi Tanah Wakaf dan Kesepakatan bersama antara Kepala Disperkimtaru Kabupaten Sragen dengan Kepala Kantor Pertanahan tentang Swakelola Tipe II pada Paket Pekerjaan Kegiatan Persetujuan/Reomendasi Kesesuaian Pemanfaatan Ruang (KKPR) (Sugimin/17-Release Diskominfo Sragen)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *