Pameran Tanah Guru Tampilkan 60 Karya Guru Perupa Sragen

NEWS

Sragen-Inspirasiline.com. 60 Karya Seni Rupa Dipamerkan Di Aula Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri I Sragen Yang Meliputi Lukisan, Gambar, Fotografi, Patung dan Seni Kriya Berupa Benda 3 Dimensi Yang Digelar Sabtu Hingga Minggu (20-21/1/2024). Karya Seni Nan Indah Itu Merupakan Hasil Karya 32 Guru Perupa Yang Ada Di Kabupaten Sragen.

Pameran Perdana Karya Guru Perupa Ini Pesertanya Adalah Para Guru Di Kabupaten Sragen Tanpa Memandang Jenjang Mengajar Formal Maupaun Latar Belakang Disiplin Ilmu. Termasuk Guru Ekstra Kurikuler. Mereka Kemudian Membentuk Kepanitiaan Pameran Bernama Komunitas Guru Perupa Sukowati (KGPS).

Tidak Hanya Itu Pameran Bertajuk “Tanah Guru” Karya Cinta Sang Guru Selain Dipamerkan Secara Fisik Di Aula SMA Negeri I Sragen Juga Dapat Disaksikan Melalui Daring Dengan Menggunakan Aplikasi Galeri Virtual https ://oncycyber.io.

“Diawali Dari Sebuah Kegelisahan Teman-Teman Guru Perupa Untuk Menumbuh Kembangkan dan Memajukan Seni Rupa Di Kabupaten Sragen. Teman-Teman Banyak Memberikan Masukan Untuk Membuat Pameran Karya Seni Rupa.” Ungkap Ketua Komunitas Guru Perupa Sukowati  Ari Ndayak Purwanto Saat Ditemui Disela-Sela Kegiatan.

Menurutnya, “Tanah Guru” Dipilih Sebagai Tema Dengan Maksud Filosofinya Adalah Tanah Sebagai Media (Tempat Berpijak) dan Guru Merupakan Sebagai Sosok Pendidik Sehingga Dimanapun Guru Berada Terus Mendidik Melalui Karya.

Ari Ndayak Purwanto Bersyukur Para Guru Perupa Sangat Antusias Dalam Pameran Ini Bahkan Tidak Hanya Dari Latar Belakang Seni Rupa Namun Ada Guru Lain Seperti Guru Matematika Yang Memiliki Talenta Dalam Berkesenian.

Ari Ndayak Purwanto Berharap Melalui Pameran Ini Dapat Mengekspresikan Karya Guru Perupa Agar Bisa Dikenal Oleh Masyarakat Luas. Apalagi Seiring Dengan Kemajuan Modernisasi, Seni Rupa Juga Merambah Pada Medium Digital Yang Melibatkan Videografi, Tata Cahaya, Sound Engineering Serta Teknologi Informasi dan Telekomunikasi.

“Semoga Pameran Ini Tidak Berhenti Disini. Saya Inginnya Pameran Ini Terus Berkelanjutan. Melihat Antusiasme Dari Teman-Teman Guru. Saya Berterimakasih Atas Dukungannya Baik Dalam Keikutsertaan Dalam Pameran Maupun Dukungan Dananya, Mereka Sangat Luar Biasa.” Urainya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Disdikbud) Kabupaten Sragen Prihantomo Dalam Kesempatan Itu Membuka Pameran Secara Resmi Yang Ditandai Dengan Menggoreskan Kuas Pada Kanvas Lukis. Prihantomo  Sangat Terkesan Dengan Kegiatan Tersebut dan Menyatakan Seorang Guru Selain Mengajar Juga Memiliki Hal-Hal Yang Perlu Dituangkan.

“Ternyata Sebagai Seorang Guru Mereka Ini Juga Memiliki Satu Wadah Untuk Mengekspresikan Jiwa Seninya. Saya Bersyukur Teman-Teman Guru Perupa Berhasil Mewujudkan Kegiatan Ini Sebagai Sarana Menyalurkan Talenta Yang Dimiliki Khususnya Seni Rupa.” Ungkapnya.

Selain Pameran, Pada Hari Pertama Akan Diselenggarakan Berbagai Workshop Seni Rupa (Secara Gratis) Antara Lain Workshop Mewarnai Anak Dengan Peserta Guru Taman Kanak-Kanak/Pendidikan Anak Usia Dini dan Sekolah Dasar (TK/PAUD dan SD). Kemudian Workshop Menggambar Model, Workshop Fotografi Human Interest Untuk Pelajar Sekolah Menengah Pertama dan Sekolak Menengah Atas (SMP dan SMA).

Ada Juga Lomba Mewarnai Untuk Pelajar TK-SD, Lomba Menggambar dan Lomba Poster Dengan Tema Sragen Anti Bullying Untuk Pelajar SMP dan SMA.

Rangkaian Kegiatan Hari Kedua Akan Ditutup Dengan Saresehan Ngobrol Bareng dan Santai (Ngobras) Bertema Seni Rupa Sragen Ora Turu Yang Menghadirkan Sesepuh Seni Rupa Sragen, Fadjar Sutardi. (Sugimin/17-Release Diskominfo Sragen)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *