Pilkada 2024, Calon Perseorangan Di Rembang Harus Dapat Dukungan 42.355

NEWS

Rembang-Inspirasiline.com. Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara resmi merilis tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Aturan pelaksanaan teknisnya dimuat dalam Peraturan KPU (PKPU) tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024.

Nah, terkait dengan calon perseorangan ternyata tetap terakomodir alias secara regulasi diperbolehkan. Artinya potensi munculnya calon perseorangan dalam Pilkada 2024 tetap bisa terjadi.

Berdasarkan regulasi Undang-Undang Pemilihan Umum (Pemilu), calon perseorangan boleh berpartisipasi dalam Pilkada asalkan memenuhi sejumlah syarat.

Komisioner KPU Kabupaten Rembang, Zaenal Arifin menyatakan, calon perseroangan dalam Pilkada 2024 kembali diperbolehkan.

Ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi agar calon perseorangan tersebut bisa berpartisipasi dalam Pilkada 2024.

Persyaratan itu antara lain adalah calon perseorangan harus mendapatkan dukungan setidaknya 8,5 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) terakhir di daerah tersebut saat Pemilu terakhir digelar.

Bukan itu saja, untuk kabupaten atau kota, juga ada tambahan persyaratan dukungan itu minimal tersebar di separuh lebih dari jumlah kecamatan.

Untuk konteks Kabupaten Rembang yang memiliki 14 kecamatan, artinya dukungan itu harus tersebar setidaknya di 8 kecamatan.

Jumlah DPT Kabupaten Rembang pada Pemilu 2024 adalah 498.303 orang. Itu rtinya, pasangan calon kepala daerah yang maju lewat jalur perseorangan membutuhkan sedikitnya sekira 42.355 orang.

“Salah satu syarat bagi calon yang maju lewat jalur perseorangan harus mendapat dukungan sejumlah minimal 8,5 persen dari DPT terakhir dan tersebar minimal di 8 kecamatan (untuk Kabupaten Rembang). DPT terakhir, artinya pada Pemilu 2024,” papar Zaenal Arifin.

Di Kabupaten Rembang, kontestasi Pilkada oleh calon perseorangan pernah terjadi pada 2015 silam. Bahkan, calon perseorangan tersebut berhasil menjadi pemenang Pilkada.

baca juga:  Enam Desa di Rembang Minta Droping Air Bersih

Yakni, pasangan Abdul Hafidz dan Bayu Andriyanto. Pasangan ini maju dari jalur perseorangan dan berhasil unggul atas lawannya.

Akankah calon perseorangan dalam di Kabupaten Rembang bakal muncul pada Pilkada 2024?

Kita tunggu sampai Senin 19 Agustus 2024, saat batas terakhir pemenuhan persyaratan dukungan calon perseorangan.

Tahapan Pilkada 2024 sendiri sudah dimulai sejak 26 Januari 2024 berupa tahap perencanaan program dan anggaran. Sedang pemungutan suara sendiri akan dilakukan pada Rabu, 27 November 2024. (yon).

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *